STUDI KOMPARATIF IKLAN INDOMIE MI GORENG DI INDONESIA DAN LIMA NEGARA DI LIMA BENUA (EROPA, AMERIKA, AFRIKA, ASIA, DAN AUSTRALIA)

NATALIA SISKA DAMAYANTI, 121414253005 (2017) STUDI KOMPARATIF IKLAN INDOMIE MI GORENG DI INDONESIA DAN LIMA NEGARA DI LIMA BENUA (EROPA, AMERIKA, AFRIKA, ASIA, DAN AUSTRALIA). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TIL 14-17 Dam s Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TIL 14-17 Dam s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 7 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam rangka menjadikan brand yang dapat diterima oleh dunia internasional, Indomie memperkenalkan produknya ke berbagai negara di belahan dunia melalui sebuah iklan. Iklan Indomie mi goreng di setiap negara pun tentunya berbeda satu sama lainnya, tergantung kondisi sosial yang sedang terjadi di tengah masyarakat tersebut. Segala unsur yang terkandung dalam iklan tentunya memiliki arti dan makna yang ditujukan untuk mendukung tersampaikannya pesan kepada khalayak. Sebelum melihat makna yang terkandung didalamnya, penulis memaparkan konteks situasi dan kultural yang melatarbelakangi munculnya iklan Indomie mie goreng tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Semiotik, dengan konsep semiotik sosial Halliday sebagai konsep analisis dalam penelitian ini, yang terdiri dari teks dan gambar visual melalui tiga tahapan yaitu pada konteks situasi, konteks kultural, dan kemudian deskriptif teks. Dari situ, konfigurasi makna terbentuk serta memprediksikan makna keseluruhan teks terhadap konsumennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebuah iklan tercipta oleh karena sebuah konteks yang melatar-belakanginya. Selain itu, pengkomunikasian nilai-nilai iklan cetak yang ada diberbagai belahan dunia disampaikan sesuai situasi sosial yang tengah terjadi ditambah dengan sentuhan kreatif pengiklan masing-masing negara. Dalam teks iklan sendiri secara sengaja menggunakan ragam bahasa yang tidak baku sebagai upaya mendekatkan produknya kepada konsumen. Kalimat pada iklan tidak serta-merta menyatakan maksud persuasif, tetapi juga terdapat gaya bahasa seperti metafora dan repetisi. Akhirnya, penulis mengharapkan penelitian ini dapat dipakai sebagai bahan tambahan dan sebagai sumber yang dapat membantu untuk memahami dan menganalisa perbandingan makna dan konteks-konteks yang digunakan dalam iklan Indomie mi goreng.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TIL.14/17 Dam s
Uncontrolled Keywords: Iklan, Konteks Kultural, Semiotik Sosial, Konteks Situasi, Teks
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
NATALIA SISKA DAMAYANTI, 121414253005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRizki Andini, S.Pd., M.Litt. Ph.DUNSPECIFIED
ContributorEma Faiza, S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 08 Jan 2018 19:06
Last Modified: 08 Jan 2018 19:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67423
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item