POLA PENUAAN WAJAH LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PETANI ETNIS JAWA DATARAN RENDAH DI IKLIM TROPIS INDONESIA, KECAMATAN PILANGKENCENG, KABUPATEN MADIUN, JAWA TIMUR

Rizka Fitri Ana, 071311733061 (2017) POLA PENUAAN WAJAH LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PETANI ETNIS JAWA DATARAN RENDAH DI IKLIM TROPIS INDONESIA, KECAMATAN PILANGKENCENG, KABUPATEN MADIUN, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.ANT.29.17 . Ana.p - ABSTRAK.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.ANT.29.17 . Ana.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 7 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
Fis.ANT.29.17 . Ana.p - JURNAL.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pola penuaan wajah digunakan untuk memperkirakan usia seseorang. Pola penuaan wajah berguna untuk proses rekonstrusi wajah dalam kasus forensik. Pola penuaan wajah banyak dipengaruhi oleh lingkungan dan kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pola penuaan wajah petani Etnis Jawa laki-laki dan perempuan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif untuk mengetahui kecenderungan pola penuaan wajah petani Etnis Jawa. Sampel penelitian merupakan 50 orang petani laki-laki dan 50 orang petani perempuan usia 40-49 tahun yang ada di kabupaten Madiun. Penuaan wajah Etnis Jawa dikategorikan,dianalisis, dan dibandingkan dengan pola penuaan pada wajah menurut Taylor. Pola penuaan wajah menurut Taylor adalah berdasar kerut wajah mulai umur 20 dan kemudian pada setiap pertambahan usia 10 tahun. Analisis statistika menggunakan uji statistik deskriptif untuk melihat kecenderungan pola penuaan petani Etnis Jawa usia 40-49 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerut wajah yang muncul pada petani Jawa di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun didapati pada bagian-bagian dahi, glabela, nasal, orbita atas, orbita lateral, orbita bawah, nasolabial, circumolar striae, oromental, buccomandibular, mentolabial dan mental fovea. Dapat disimpulkan bahwa pola penuaan wajah Etnis Jawa cenderung lebih lambat dibanding hasil penelitian Taylor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.ANT.29/17 Ana p
Uncontrolled Keywords: usia, pola penuaan, kecenderungan, Etnis Jawa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Rizka Fitri Ana, 071311733061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrtati Dyah Artaria, Prof. Dra., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 13 Dec 2017 16:59
Last Modified: 13 Dec 2017 16:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item