KORELASI ANTARA LEUKOSIT ESTERASE DAN NITRIT PADA TES DIPSTIK URINE DENGAN JUMLAH SEL LEUKOSIT DAN SEL BAKTERI PADA PEMERIKSAAN SEDIMEN URINE

LAILI ATIKASARI, 151410113045 (2017) KORELASI ANTARA LEUKOSIT ESTERASE DAN NITRIT PADA TES DIPSTIK URINE DENGAN JUMLAH SEL LEUKOSIT DAN SEL BAKTERI PADA PEMERIKSAAN SEDIMEN URINE. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (full text)
TUGAS AKHIR Laili.pdf full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2020.

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pemeriksaan urinalisis di laboratorium pada saat ini menggunakan tes dipstik dan sedimen urine. Mengingat pentingnya kesesuaian hasil antara leukosit esterase dan nitrit pada tes dipstik urine dengan jumlah sel leukosit dan sel bakteri pada pemeriksaan sedimen urine, maka penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kolerasi dari kedua hasil pemeriksaan. Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental, bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi hasil antara nitrit dan leukosit esterase pada tes dipstik urine dengan adanya sel bakteri dan sel leukosit pada pemeriksaan sedimen urine. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah sampel urine sesaat dari pasien yang melakukan pemeriksaan urin lengkap di Laboratorium PK RS.Universitas Airlangga pada bulan Januari 2017 kemudian dianalisis dengan uji korelasi non parametrik Somer’s d. Hasil: Terdapat korelasi yang kuat antara kadar leukosit esterase dengan jumlah sel leukosit dalam sedimen urine karena nilai koefisien korelasinya sebesar 0,707, dan terdapat korelasi signifikan karena hasil p-value < α sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat korelasi yang lemah antara kadar nitrit dengan adanya sel bakteri dalam sedimen urine karena nilai koefisien korelasinya sebesar 0,353, dan terdapat korelasi signifikan dengan hasil p-value < α sebesar 0,003 < 0,05. Sedangkan kadar leukosit esterase dengan adanya sel bakteri dan kadar nitrit dengan jumlah sel leukosit didapatkan hasil 0,181(sangat lemah) dan 0,304 (lemah), dan keduanya tidak terdapat korelasi yang signifikan karena nilai p-value > α, yaitu 0,343 > 0,05 dan 0,117 > 0,05. Kesimpulan: Terdapat korelasi kuat yang signifikan antara kadar leukosit esterase pada tes dipstik dengan jumlah sel leukosit pada sedimen urine serta terdapat korelasi lemah yang signifikan antara kadar nitrit pada tes dipstik dengan adanya bakteri pada sedimen urine.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.AM 37/17 Ati k
Uncontrolled Keywords: korelasi, uji Somer’s d, leukosit esterase, nitrit, sel leukosit, bakteri
Subjects: R Medicine
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Analis Medis
Creators:
CreatorsNIM
LAILI ATIKASARI, 151410113045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDiah Puspita Rini, dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2017 19:53
Last Modified: 07 Dec 2017 19:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67486
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item