PENGARUH PEMBERIAN MEDROXY PROGESTERONE ACETATE DAN TESTOSTERON PROPIONAT TERHADAP BERAT BADAN, TEBAL EPITEL DAN DIAMETER TUBULUS SEMINIFERUS PADA MENCIT JANTAN

TITIK MURNIATI, - (1991) PENGARUH PEMBERIAN MEDROXY PROGESTERONE ACETATE DAN TESTOSTERON PROPIONAT TERHADAP BERAT BADAN, TEBAL EPITEL DAN DIAMETER TUBULUS SEMINIFERUS PADA MENCIT JANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK FKH 517.91 Mur p.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati peningkatan berat badan dan perubahan tebal epitel serta diameter tubulus seminiferus pada mencit jantan setelah penyuntikan dengan testosteron propionat, Madroxy Progesterone Acetate atau kombinasi keduanya pada waktu seksi yang berbeda. Sebanyak 48 ekor moneit jantan berumur delapan minggu, digunakan dalam penelitian ini. Rancangan percobaan yang dipergunakan adalah rancangan acak lengkap pola faktorial 4 x 3, ada dua faktor yang diberikan pada mencit dengan empat ulangan. Faktor pertama adalah jenis obat yang diberikan yang terdiri dari empat janis obat yaitu (NaCl phisiologis) sebagai kontrol.al (Hedroxy Proaogesteron Acetate 0.08 mg). a2 (testosteron propionat 0,02 mg), dan a3 (Hedroxy Progesterone Acetate 0,08 mg + testosteron propionat 0,02 mg). Faktor kedua adalah lama waktu seksi terdiri dari tiga waktu yaitu bo (35 hari), bl (70 hari), b2 (105 hari). Penyuntikan testosteron propionat dan NaCl phisiologis tiga hari sekali selama 35 hari. Hedroxy Progesterone Acetate dosis tunggal. Selama percobaan diberi pakan ayam komersial secara adlibitum demikian juga air minumnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat nyata (p < 0.01) pada pertambahan berat badan dan perubahan tebal epitel tubulus seminiferus pada perlakuan dengan pemberian Hedroxy Progesterone Acetate, testosteron propionat maupun kombinasi keduanya dan ada perbedaan yang nyata (p < 0.05) pada perubahan diameter tubu lus semin iferus baik pada per lakuan Hedroxy Progesterone Acetate, testosteron propionat maupun kombinasi keduanya pada waktu seksi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKH 517.91 MUR P
Uncontrolled Keywords: OBAT KONTRASEPTIF, MEDROXY PROGESTERONE ACETATE,TESTOSTERON PROPIONAT
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
TITIK MURNIATI, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMAS'UD H., Drh., M.PhilUNSPECIFIED
ContributorISMUDIONO, Dr., Drh., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 07 Dec 2017 21:36
Last Modified: 07 Dec 2017 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67493
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item