PENGELOLAAN HUTAN JATI DI BLORA (1897-1942)

Ika Nurkholifah, 121211432043 (2017) PENGELOLAAN HUTAN JATI DI BLORA (1897-1942). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FS.Sej. 58-17 Nur p abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FS.Sej. 58-17 Nur p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 8 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pengelolaan hutan jati di Blora yang dilakukan oleh Pemerintah Hindia Belanda melalui Boschwezen pada tahun 1897- 1942. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sejarah. Sebagai salah satu wilayah houtvesterij di Karesidenan Rembang, Blora memiliki andil yang cukup besar dalam pengelolaan hutan jati di Jawa. Untuk mempermudah akses menuju pedalaman, pemerintah Hindia Belanda melalui Boschwezen membuka jalur rel yang dapat dilalui kereta bertenaga uap. Hal itu sangat membantu mobililasi hasil hutan jati sehingga meningkatkan perekonomian pemerintah Hindia Belanda kala itu. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya pemerintah Hindia Belanda dalam pengelolaan hutan jati di Blora memberikan dampak terhadap perekonomian penduduk setempat. Perlawanan yang dilakukan oleh kaum tani menunjukkan bahwa kebijakan pembatasan akses atas hutan dan pemberian pajak terhadap lahan sangat memberatkan penduduk bumiputera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.Sej. 58-17 Nur p
Uncontrolled Keywords: Blora, Hindia Belanda, hutan jati, pengelolaan
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ200-361 History
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
Ika Nurkholifah, 121211432043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGayung Kasuma, S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Dec 2017 22:05
Last Modified: 07 Dec 2017 22:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67497
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item