PENGARUH PEMBERIAN POLLARD GANDUM ATAU BEKATUL PADI DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKSI AIR SUSU DAN KONVERSI PAKAN PADA SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN

SYAMSUL RIZAL, 068511094 (1991) PENGARUH PEMBERIAN POLLARD GANDUM ATAU BEKATUL PADI DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKSI AIR SUSU DAN KONVERSI PAKAN PADA SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KKC KK FKH 530.91 Riz p.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pember ian pollard gandum atau bekatul padi terhadap produksi air susu dan konversi pakan sapi perah Friesian Holstein. Sejumlah sepuluh ekor sapi perah jenis Friesian Holstein yang sedang berproduksi dengan berat rata-r4ta 390,29 ± 19,79 kilogram seoara aoak dibagi menjadi dua kelompok perlakuan, sehingga masing-masing kelompok terdiri dari lima ekor sapi. Kelompok satu diberi konsentrat yang mengandung pollard gandum, pada kelompok dua diberi konsentrat yang mengandung bekatul padi. Param~ter yang diamati adalah produksi air susu dan konversi pakan. Rancangan percobaan yang digunakan untuk menganalisis produksi air susu adalah Ranoangan Petak Terbagi (split-plot design) dengan (2 X 2) X 5 ulangan. Untuk menganalisis konversi pakan digunakan Ranoangan Aoak Lengkap yang terdiri dari dua perlakuan dengan lima kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengaruh pemberian pollard gandum atau bekatul padi terhadap produksi air susu perah Friesian Holstein tidak menunjukkan perbedaan yang nyata (p>O.05), produksi air susu pemerahan pagi erb~da sangat nyata deng,an pemerahan sore (p<O,Ol) antara kelompok sapi yang diberi pollard gandum atau bekatul padi. Konversi pakan juga tidak menunjukkan perbedaan yang nyata (p>0,05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kkc kk fkh 530.91 Riz p
Uncontrolled Keywords: makanan ternak, sapi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
SYAMSUL RIZAL, 068511094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorROMZIAH S. BUDIONO, Drh., PhDUNSPECIFIED
ContributorSOETJI PRAWESTHIRINI, Drh., S.U.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 07 Dec 2017 22:58
Last Modified: 07 Dec 2017 22:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item