STUDI EVALUASI TENTANG KEBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA OLEH DINAS TENAGA KERJA DI KELURAHAN KUPANGKRAJAN KECAMATAN SAWAHAN KOTA SURABAYA

AEGI NISA POSTMODERNA, 071211133002 (2017) STUDI EVALUASI TENTANG KEBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA OLEH DINAS TENAGA KERJA DI KELURAHAN KUPANGKRAJAN KECAMATAN SAWAHAN KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 10-17 Pos s Abstrak.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 10-17 Pos s Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu program yang meningkatkan kreatifitas masyarakat. Program ini bertujuan untuk memberikan kemampuan teknis dasar produksi bagi masyarakat, mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses implementasi program peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kelurahan kupangkrajan Kecamatan sawahan serta menemukan faktor-faktor yang berpengaruh dalam proses implementasi program. Penelitian ini menggunakan teori Implementasi G. Shabbir Cheema dan mengelaborasikannya dengan faktor dukungan kelompok sasaran dalam teori Merilee S. Grindle. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif evaluasi dengan teknik penentuan informan secara purposive. Data yang diperoleh adalah dari wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan mengelompokkan dan mengkombinasikan data yang telah diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian keterkaitan antara data yang telah diperoleh tersebut. Kemudian validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kelurahan kupangkrajan. Dalam pelaksanaannya, sebenarnya program ini dapat memberikan keahlian dan pengetahuan baru. Faktor pendukungnya adalah karakteristik dan kapabilitas instansi pelaksana; dan sumber daya organisasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor kondisi lingkungan dan rendahnya dukungan kelompok sasaran sehingga realisasi dan capaian program tersebut kurang mendapatkan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.10/17 Pos s
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kualitas, implementasi, sumber daya manusia
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
AEGI NISA POSTMODERNA, 071211133002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSunaryo, Drs.,M.PstUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 22 Jan 2018 16:43
Last Modified: 22 Jan 2018 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67544
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item