KONFLIK ANTAR MAHASISWA ASAL INDONESIA TIMUR (Studi Kasus Pada Kelompok Ambon dan Kelompok Sumba di Kota Malang, Jawa Timur)

Dias Mahadi Talenta Pratama, 070917035 (2017) KONFLIK ANTAR MAHASISWA ASAL INDONESIA TIMUR (Studi Kasus Pada Kelompok Ambon dan Kelompok Sumba di Kota Malang, Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.ANT.50.17 . Pra.k - ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.ANT.50.17 . Pra.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
Fis.ANT.50.17 . Pra.k - JURNAL.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab koflik antar kelompok mahasiswa Ambon dengan kelompok mahasiswa Sumba di Malang. Bagaimana realitas konflik yang berkepanjangan terjadi antar kelompok mahasiwa Ambon dengan kelompok mahasiswa Sumba yang terjadi pada tahun 2014 hingga tahun 2016 di Malang. Bagaimana proses penyelesaian konflik antar kelompok mahasiswa Ambon dengan kelompok mahasiswa Sumba di Malang. Penelitian ini merupakan studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan studi literatur. Data yang didapat kemudian digolongkan menjadi dua, yaitu data sekunder dan data primer yang kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk deskriptif sehingga menggambarkan tentang penelitian secara utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab konflik antar kelompok mahasiswa Ambon dengan kelompok mahasiswa Sumba yang terjadi di Malang berupa masalah-masalah sepeleh seperti salah paham, saling ejek, dan menggoda teman wanita dari salah satu kelompok. Puncak realitas konflik berkepanjangan yang terjadi antara kelompok mahasiswa Ambon dengan kelompok mahasiswa Sumba di Malang terjadi padatahun 2016, yang berdampak pada pemulangan paksa terhadap kelompok mahasiswa Sumba kedaerahasalnya dan salah satu kelompok mahasiswa Ambon meninggal dunia. Upaya penyelesaian konflik yang dilakukan adalah dengan mempertemukan kedua belah pihak yang bertikai dan diselesaikan secara kelembagaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.ANT.50/17 Pra k
Uncontrolled Keywords: Konflik, Realitas konflik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dias Mahadi Talenta Pratama, 070917035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBambang Budiono Mulyo S, Drs., M.Sosio.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 13 Dec 2017 19:14
Last Modified: 13 Dec 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67551
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item