ANALISIS KINERJA PROGRAM : DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM DESA MANDIRI ENERGI (DME) BERBASIS BIOGAS DALAM PENINGKATAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT PENGGUNA BIOGAS DI DESA PURWOREJO KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR

Okta Evi Wijayanti, 071211131103 (2016) ANALISIS KINERJA PROGRAM : DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM DESA MANDIRI ENERGI (DME) BERBASIS BIOGAS DALAM PENINGKATAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT PENGGUNA BIOGAS DI DESA PURWOREJO KECAMATAN SANANKULON KABUPATEN BLITAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 17-17 Wij a Abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 17-17 Wij a Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja program terkait dampak pelaksanaan program Desa Mandiri Energi (DME) berbasis Bogas dalam peningkatan keberdayaan masyarakat pengguna biogas di Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Program Desa Mandiri Energi merupakan nama program yang telah dilaksanakan di Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar sejak tahun 2009. Program Desa Mandiri Energi (DME) berbasis biogas merupakan salah satu wujud respon pemerintah Desa terhadap berbagai persoalan yang timbul di tengah masyarakat terkait penumpukan kotoran sapi yang mengganggu masyarakat. Inisiatif pemerintah Desa untuk mengelola kotoran sapi menjadi biogas ternyata mampu memecahkan berbagai persoalan yang dikeluhkan sekaligus dapat meningkatkan keberdayaan masyarakat penggunaa biogas. keberdayaan tersebut dapat dilihat dari aspek ekonomi dan aspek ketersediaan energi secara gratis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi penelitian. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil temuan data menunjukkan bahwa dampak pelaksanaan program Desa Mandiri Energi (DME) berbasis Biogas telah memberikan dampak yang relatif besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Purworejo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat yang berupa bahan bakar untuk memasak sehari-hari, terpenuhinya kebutuhan pupuk untuk kegiatan pertanian masyarakat, adanya peningkatan kualitas pola hubungan dalam keluarga, peningkatangkatan kualitas hubungan sosial masyarakat serta peningkatan kualitas kegiatan beribadah masyarakat pengguna biogas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.17/17 Wij a
Uncontrolled Keywords: Dampak Program, Kesejahteraan Masyarakat, Desa Mandiri Energi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Okta Evi Wijayanti, 071211131103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAntun Mardiyanta, Dr., Drs.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 22 Jan 2018 16:56
Last Modified: 22 Jan 2018 16:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67572
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item