ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN MELALUI KEYAKINAN KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK SABUN LUX DI SURABAYA

NINA INTANIA HASTIN, 040338256 (2011) ANALISIS PENGARUH PENGENALAN MEREK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN MELALUI KEYAKINAN KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN PADA PRODUK SABUN LUX DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI - gdlhub-gdl-s1-2011-hastinnina-12830-b23410-a.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-hastinnina-12830-b23410-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia usaha di Indonesia berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan oleh beberapa kebijakan ekonomi yang diluncurkan pemerintah dalam bentuk deregulasi dan biroklasi. Dunia bisnis memang tidak nantinya. Hilang seorang pemain di pasar, muncul berpuluh-puluh pemain baru yang berusaha dengan sekuat tenaga untuk melawan pemain-pemain lama. Consumer Decision Model sebagai suatu model yang terdiri dari enam komponen atau variabel yang berdiri sendiri yang saling berhubungan antara yang saru dengan yang lain, antara lain informasi (Information), pengenalan merek (Brand recognation), sikap (attitude), keyakinan (confidence), niat (intention), dan pembelian (purchase). Alur dari model tersebut diawali dari konsumen yang menerima informasi, kemudian, dari informasi tersebut dapat menyebabkan tiga kemungkinan pengaruh yang dimulai dengan pengenalan merek oleh konsumen (brand recognation) yang kemudian dievaluasi apakah pengenalan tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya yang mana kesesuaian tersebut akan membentuk sikap (attitude). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengenalan merek terhadap niat beli konsumen melalui keyakinan konsumen dan sikap konsumen pada produk Sabun LUX di Surabaya. Populasi dalam penelitian adalah Responden yang telah mengenal produk Sabun LUX. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive sampling yaitu pemilihan sekelompok subyek yang didasarkan atas karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya dan menunjukkan tujuan tertentu serta Incidental sampling yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Teknik analisis menggunakan analisis path analisis. Berdasarkan hasil perhitungan didapat bahwa pengenalan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keyakinan konsumen pada produk sabun LUX di Surabaya. Pengenalan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen pada produk sabun LUX di Surabaya. Keyakinan konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat beli konsumen pada produk sabun LUX di Surabaya. Sikap konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat beli konsumen pada produk sabun LUX di Surabaya. Pengenalan merek dapat berpengaruh secara tidak langsung terhadap variabel niat beli konsumen melalui keyakinan konsumen. Pengenalan merek dapat berpengaruh secara tidak langsung terhadap variabel niat beli konsumen melalui sikap konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 234/10 Has a
Uncontrolled Keywords: TRADE MARK; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NINA INTANIA HASTIN, 040338256UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDWI UTAMI, Dra. EC., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 01 Mar 2011 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 10:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/676
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item