KUALITAS LAYANAN KESEHATAN (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Gresik)

Zakiyatul Azmi, 071211131002 (2016) KUALITAS LAYANAN KESEHATAN (Studi Deskriptif tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 26-17 Azm k Abstrak.PDF

Download (180kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 26-17 Azm k Sec.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menengetahui kualitas layanan kesehatan di Puskesmas Kabupaten Gresik dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya minat masyarakat Kabupaten Gresik dalam menggunakan layanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah yakni Puskesmas. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang diminatinya Puskesmas sebagai layanan kesehatan tingkat pertama yang diberikan pemerintah untuk masyarakat Kabupaten Gresik. Hal tersebut terlihat banyaknya masyarakat yang melakukan pengobatan di rumah sakit yang jaraknya bisa cukup jauh dari rumah dari pada berobat ke Puskesmas. Selain latar belakang diatas, banyaknya masyarakat yang masih mengeluh tentang kualitas layanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas kepada mereka yang menggunakan layanan tersebut. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori kualitas layanan yang dikemukakan oleh Zeithaml et. al yang didalamnya terdapat lima dimensi untuk mengukur kualitas layanan, antara lain: (1) Bukti Fisik, (2) Kehandalan, (3) Daya Tanggap, (4) Jaminan, dan (5) Empati. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan dilanjutkan dengan menggunakan snowball sampling. Teknik analisis data menggunakan model interaksi dari Miles dan Huberman. Hasil dari skripsi ini menunjukan bahwa kualitas layanan kesehatan di Puskesmas Kabupaten Gresik mampu memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, akan tetapi Puskesmas juga melakukan upaya peningkatan kualitas layanan yang diberikan dengan cara: penambahan jumlah tempat duduk dan pendingin ruangan di ruang tunggu Puskesmas, memberikan pelatihan kepada pegawai Puskesmas agar dapat menangani pasien dengan cepat dan tepat, dan memberikan penghargaan bagi pegawai yang memberikan sikap baik dengan pasien yang berobat di Puskesmas, sehigga masyarakat dapat menggunakan fasilitas layanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.26/17 Azm k
Uncontrolled Keywords: Layanan Publik, Kualitas Layanan Kesehatan, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Zakiyatul Azmi, 071211131002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorJusuf Irianto, Prof. Dr. , Drs.,M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 22 Jan 2018 17:09
Last Modified: 22 Jan 2018 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item