PENERAPAN PROGRAM “TUBUHKU YANG BERHARGA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERSONAL BODY SAFETY ANAK USIA 6 DAN 7 TAHUN DI SEKOLAH DASAR

ROSITA PERMATASARI, 111414153020 (2017) PENERAPAN PROGRAM “TUBUHKU YANG BERHARGA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERSONAL BODY SAFETY ANAK USIA 6 DAN 7 TAHUN DI SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program “Tubuhku yang Berharga” terhadap pengetahuan personal body safety anak usia 6-7 tahun di Sekolah Dasar. Penelitian ini difokuskan kepada anak usia 6-7 tahun karena pemberian pengetahuan pada masa tersebut menberikan kesempatan lebih baik untuk mengimplementasikan pengetahuan personal body safety. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi dengan single group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak yang merupakan siswa di SD Al-Azhar Syifa Budi Surabaya. Subjek diberi perlakuan berupa penerapan program “Tubuhku yang Berharga” dengan metode pembelajaran multimedia untuk meningkatkan pengetahuan personal body safety. Pengetahuan personal body safety meliputi beberapa aspek yaitu mengenalkan nama yang tepat pada bagian tubuh, mengenalkan sentuhan yang baik dan tidak, menentukan orang yang boleh menyentuh bagian tubuh dan pada bagian yang mana, melaporkan kepada orang dewasa apabila ada yang menyentuh bagian tubuhnya dan keterampilan asertif. Alat pengumpul data berupa soal obyektif. Pengukuran pengetahuan personal body safety dilakukan melalui pretest dan posttest. Data dianalisa dengan menggunakan wilcoxon signed rank test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program “Tubuhku yang Berharga” secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan personal body safety pada anak usia 6-7 tahun di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 44/17 Per p
Uncontrolled Keywords: Anak usia 6-7 Tahun, Pengetahuan personal body safety, Program “Tubuhku yang Berharga”
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ROSITA PERMATASARI, 111414153020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndah Mastuti, S.Psi.,M.Si.PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 22:36
Last Modified: 10 Dec 2017 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67620
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item