PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM SIDOARJO BERSIH DAN HIJAU DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Deskriptif Kemitraan Antara Radar Surabaya dengan DKP Sidoarjo)

SHINTIA ANGGRAINI, 071211131006 (2016) PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM SIDOARJO BERSIH DAN HIJAU DI KABUPATEN SIDOARJO (Studi Deskriptif Kemitraan Antara Radar Surabaya dengan DKP Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 29-17 Ang p Abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 29-17 Ang p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kerjasama pemerintah dan swasta dalam pengembangan program Sidoarjo bersih dan hijau di Kabupaten Sidoarjo. Adapun alasan dari latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan sampah di Kabupaten Sidoarjo yang setiap tahun volume sampah terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Sehingga upaya pemerintah dalam menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan diwujudkan melalui program yang mengikutsertakan partisipasi masyarakat didalamnya. Salah satunya yakni program Sidoarjo Bersih dan Hijau. Dalam pelaksanaan untuk mendukung program tersebut Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Radar Surabaya dalam mengenalkan program Sidoarjo Bersih dan Hijau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara mendalam kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Radar Surabaya dan Masyarakat Sidoarjo. Pengumpulan data sekunder melalui studi dokumen. Teknik penentuan informan secara purposive. Hasil temuan data di lapangan menunjukkan bahwa kerjasama pemerintah dan swasta tersebut dalam pengembangan program Sidoarjo bersih dan hijau ini sudah maksimal. Penilaian ini dilihat dari karakteristik kemitraan yaitu kejelasan tujuan, pembagian peran dan tanggung jawab, sumber daya yang berkualitas, kepercayaan dan komunikasi. Namun, untuk beberapa hal tahapan empirik program Sidoarjo bersih dan hijau masih belum optimal seperti kurangnya kontribusi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan serta kurangnya sumber daya finansial yang membuat pelaksanaan kegiatan tersebut tidak berjalan secara efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.29/17 Ang p
Uncontrolled Keywords: Public Private Partnership, Program Sidoarjo Bersih dan Hijau, Sampah
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SHINTIA ANGGRAINI, 071211131006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 23 Jan 2018 17:20
Last Modified: 23 Jan 2018 17:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67621
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item