PENGARUH KEPEMIMPINAN AMBIDEXTROUS DAN PERTUKARAN PELANGGAN KARYAWAN TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN IKLIM ORGANISASI INOVATIF SEBAGAI MEDIATOR

I Gusti Agung Komang Yulia Dewi, 111414153018 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN AMBIDEXTROUS DAN PERTUKARAN PELANGGAN KARYAWAN TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN IKLIM ORGANISASI INOVATIF SEBAGAI MEDIATOR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemimpinan ambidextrous dan pertukaran pelanggan karyawan terhadap perilaku kerja inovatif dengan iklim organisasi inovatif sebagai mediator. Definisi kepemimpinan ambidextrous dalam penelitian ini menggunakan teori Rosing, Frese dan Bausch (2011), pertukaran pelanggan karyawan menggunakan teori Keith, Lee dan Leem (2004), iklim organisasi inovatif menggunakan teori De Jong (2007) dan perilaku inovatif karyawan menggunakan teori De Jong (2007). Penelitian ini dilakukan pada 162 karyawan hotel di Surabaya yang memiliki kontak langsung dengan pelanggan dalam pekerjaan sehari-hari. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan empat skala yaitu kepemimpinan ambidextrous untuk mengukur kepemimpinan ambidextrous, skala pertukaran pelanggan karyawan untuk mengukur pertukaran pelanggan karyawan, skala iklim organisasi inovatif untuk mengukur iklim organisasi inovatif dan skala perilaku kerja inovatif untuk mengukur perilaku kerja inovatif. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan bantuan program Smart-PLS 2.0. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan ambidextrous terhadap perilaku kerja inovatif karyawan melalui iklim organisasi inovatif. Serta terdapat pengaruh tidak langsung pertukaran pelanggan karyawan terhadap perilaku kerja inovatif karyawan melalui iklim organisasi inovatif sebagai mediator

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 45/17 Dew p
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan ambidextrous, Pertukaran pelanggan karyawan, Iklim organisasi inovatif, Perilaku kerja inovatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
I Gusti Agung Komang Yulia Dewi, 111414153018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSeger Handoyo, Dr , PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 22:40
Last Modified: 10 Dec 2017 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item