PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANISASI PEMBELAJAR DENGAN MANAJEMEN PENGETAHUAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR

ANDHINI AYUNINGTYAS, 111414153027 (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANISASI PEMBELAJAR DENGAN MANAJEMEN PENGETAHUAN SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2020.

Download (1MB)

Abstract

kepemimpinan transformasional, terhadap organisasi pembelajar melalui manajemen pengetahuan sebagai variabel mediator. Hal bertujuan untuk mengetahui variabel apakah yang paling berpengaruh pada organisasi pembelajar, sehingga perusahaan dapat mengambil langkah untuk mengembangkannya dan mewujudkan tujuan organisasi sebagai sebuah organisasi pembelajar. Penelitian ini dilakukan pada 11 unit kerja di sebuah perusahaan manufaktur di Jawa Timur. Sehingga, unit analisis dalam penelitian ini adalah level group unit kerja. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah simple random sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berupa skala DOLQ (Dimensions of Learning Organization Questionnaire), skala MLQ (Multiple Leadership Questionnaire), dan skala KMAT (Knowledge Management Assessment Tool). Reliabilitas skala DLOQ sebesar 0,974, skala KMAT sebesar 0,959, dan skala MLQ sebesar 0,952. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik path analysis dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh hasil bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh tidak langsung terhadap organisasi pembelajar dengan manajemen pengetahuan sebagai mediator. Selain itu, penelitian ini menunjukkan pula bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif secara langsung yang signifikan terhadap organisasi pembelajar, serta manajemen pengetahuan memiliki pengaruh positif secara langsung yang signifikan terhadap organisasi pembelajar. Sebuah organisasi pembelajar dapat terwujud dengan adanya kepemimpinan transformasional melalui sistem manajemen pengetahuan yang terintegrasi. Pengaruh langsung kepemimpinan transformasional yang lebih besar menunjukkan bahwa kepemimpinan merupakan roh dari sebuah system. Manajemen pengetahuan tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya peran aktif pemimpin yang memahami nilai, mendukung, dan implementasi sistem tersebut di unit kerjanya secara optimal

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 48/17 Ayu p
Uncontrolled Keywords: Organisasi Pembelajar, Kepemimpinan Transformasional, Manajemen Pengetahuan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ANDHINI AYUNINGTYAS, 111414153027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSeger Handoyo, Dr. , PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2017 23:30
Last Modified: 10 Dec 2017 23:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67633
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item