PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIK, DUKUNGAN SOSIAL PASANGAN DAN ORIENTASI TUJUAN TERHADAP MOTIVASI AKADEMIK MAHASISWA MAGISTER YANG SUDAH BERKELUARGA

ASMAUL KHUSNAH, 111414253020 (2017) PENGARUH KONSEP DIRI AKADEMIK, DUKUNGAN SOSIAL PASANGAN DAN ORIENTASI TUJUAN TERHADAP MOTIVASI AKADEMIK MAHASISWA MAGISTER YANG SUDAH BERKELUARGA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri akademik, dukungan sosial pasangan, dan orientasi tujuan terhadap motivasi akademik mahasiswa Magister yang sudah berkeluarga. Motivasi akademik penting untuk diteliti karena banyak mahasiswa Magister yang hampir melewati masa studi. Penelitian motivasi akademik menggunakan teori Vallerand (1992), konsep diri akademik menggunakan teori Marsh & O’Mara (2008), dukungan sosial pasangan menggunakan teori Cutrona (1996) dan orientasi tujuan menggunakan teori Elliot (1997) & Pintrich (2000). Dalam hal ini peneliti membuat sendiri alat ukurnya berdasarkan teori yang dipakai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey.Sampel 67 mahasiswa dari 11 instansi perguruan tinggi.Dari 20 jumlah aitem skala konsep diri akademik, 12 aitem yang valid dengan nilai reliabilitas 0,771. Dari 44 jumlah aitem skala dukungan sosial pasangan, 42 aitem yang valid dengan nilai reliabilitas 0,957. Dari 22 jumlah aitem orientasi tujuan, 16 aitem yang valid dengan nilai reliabilitas 0,820. Dan dari 48 jumlah aitem motivasi akademik, 32 aitem yang valid dengan nilai reliabilitas 0,924. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil uji secara bersama-sama menunjukkan nilai F sebesar 27,802dan nilai Signifikansi 0,000, yang berarti nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa konsep diri akademik, dukungan sosial pasangan dan orientasi tujuan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi akademik mahasiswa Magister yang sudah berkeluarga. Nilai R square 0,570 yang berarti bahwa 57% perubahan variabel Y disebabkan oleh variabel X1, X2 dan X3. Sedangkan sisanya 43% disebabkan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan yang tidak termasuk dalam model regresi. Model regresi linier berganda dapat dilihat pada persamaan : Y= 10,394 + 0,766 X1 + 0,077 X2 + 1,078 X3, yang menunjukkan bahwa konsep diri akademik (X1) dan orientasi tujuan (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi akademik (Y) mahasiswa Magister yang sudah berkeluarga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 53/17 Khu p
Uncontrolled Keywords: konsep diri akademik; dukungan sosial pasangan; orientasi tujuan; motivasi akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ASMAUL KHUSNAH, 111414253020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Ainy Fardana N, Dr. ., S.Psi., M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 00:47
Last Modified: 11 Dec 2017 00:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67647
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item