“DESIGN-REALITY GAP PENERAPAN E-GOVERNMENT” (Studi Kasus Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Dinas Pendidikan Kota Mojokerto)

EKA PURNAMA NUR, 071211132007 (2016) “DESIGN-REALITY GAP PENERAPAN E-GOVERNMENT” (Studi Kasus Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Dinas Pendidikan Kota Mojokerto). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 38-17 Nur d Abstrak.PDF

Download (647kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 38-17 Nur d Sec.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
sEC.pdf

Download (507kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang proses pemanfaatan dan pengembangan egovernment oleh pemerintah daerah, khususnya dalam aspek layanan pendidikan, yaitu dalam program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. Berdasarkan beberapa kendala yang terjadi selama pelaksanaannya dan menelaah beberapa studi terdahulu yang ditemukan, maka penelitian ini menggunakan analisis design-reality gap e-government. Teknik analisis tersebut terdiri dari tiga bagian, yakni design, reality, dan gap, dimana pada setiap ketiganya memuat beragam dimensi e-government yang biasa disingkat dengan akronim ITPOSMO, diharapkan dapat memberi penjelasan yang komprehensif dan menyeluruh atas penerapan, pemanfaatan, dan pengembangan e-government pada program PPDB Online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lebih khusus yaitu metode studi kasus dengan tujuan penelitian eksplanatif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini ialah Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penelusuran dokumen, serta wawancara mendalam dengan informan. Dalam upaya untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Selanjutnya, teknik analisis data yang diterapkan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan menjelaskan design (desain) program, reality (kenyataan) pelaksanaan program, gap (kesenjangan) yang terjadi dalam pelaksanaan program, dan kendala yang menyebabkan terjadinya gap (kesenjangan) dalam pelaksanaan program PPDB Online. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan proses penerapan e-government pada program PPDB online telah berjalan dengan baik. Dari tujuh dimensi ITPOSMO, yang terdiri dari information, technology, process, objectives and values, staffing and skills, management system and structure, dan other resources: time and money/budget, hampir kesemuanya telah sesuai antara design dengan reality pelaksanaannya. Dari tujuh dimensi, hanya terdapat satu dimensi yang tidak terjadi gap dalam pelaksanaan program, yaitu dimensi ketujuh other resources: time and money/budget. Sedangkan pada enam dimensi lainnya, yaitu dimensi pertama sampai keenam, ditemukan beberapa gap pada masing-masing dimensi tersebut selama pelaksanaan program. Seperti pada laporan pertanggungjawaban yang tidak sesuai dengan pelaksanaan, masih ditemukannya indikasi kecurangan, dan jumlah operator sekolah yang ditugaskan tidak mencukupi kebutuhan jumlah operator di beberapa sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.38/17 Nur d
Uncontrolled Keywords: E-Government, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online, Design-Reality Gap, ITPOSMO.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
EKA PURNAMA NUR, 071211132007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah Asmorowati, S.Sos.,MDevSt.,PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 23 Jan 2018 17:31
Last Modified: 23 Jan 2018 17:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item