PENERAPAN ASAS PROPORSIONALITAS DALAM PERJANJIAN IKLAN

FAJAR MUTTAQIEN, 031224153071 (2016) PENERAPAN ASAS PROPORSIONALITAS DALAM PERJANJIAN IKLAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TH. 87-17 Mut p abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TH. 87-17 Mut p fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam perkembangan dunia bisnis, promosi menjadi suatu hal yang wajib dilakukan oleh pelaku usaha. Salah satu bentuk promosi yang populer sekarang ini berupa iklan di televisi. Agar dapat berjalan dengan baik maka diaturlah hak – hak dan kewajiban para pihak yang menayangkan iklan tersebut kedalam sebuah perjanjian, yang dalam prakteknya dikenal dengan sebutan perjanjian iklan. Perjanjian Iklan tidak diatur secara khusus dalam BW, melainkan diatur secara umum berdasarkan pasal 1319 BW yang membagi perjanjian secara garis besar ke dalam dua kategori yaitu Perjanjian Bernama (nominaat), yaitu perjanjian-perjanjian yang diatur dan diberi nama oleh pembentuk undangundang, Perjanjian ini terdapat dalam Bab V - Bab XVIII BW dan Perjanjian Tidak Bernama (innominaat), yaitu perjanjian yang tidak diatur dalam BW, tetapi tumbuh di masyarakat. Lahirnya perjanjian tidak bernama ini disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan dalam praktek pada berbagai bidang kehidupan dan tergantung pada para pihak untuk membuatnya. Sebagai salah satu perjanjian tidak bernama yang menggantungkan kepada para pihak mengenai isi dari perjanjian tersebut, maka diperlukan analisis lebih lanjut, karena banyaknya ditemukan ketidakseimbangan yang terjadi karena posisi para pihak. Dalam hal inilah asas penerapan asas proporsionalitas menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang kerap terjadi dalam perjanjian iklan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH. 87-17 Mut p
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Iklan, Perjanjian iklan, penerapan asas proporsionalitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsEmail
FAJAR MUTTAQIEN, 031224153071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgus Yudha Hernoko, Prof. Dr., S.H.,M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Dec 2017 17:53
Last Modified: 11 Dec 2017 17:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67665
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item