EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA STRATEGIS DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SENTRA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI JALAN SAWO KABUPATEN MAGETAN

ILMA AMELIANA PUTRI, 071311133008 (2016) EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA STRATEGIS DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SENTRA INDUSTRI KERAJINAN KULIT DI JALAN SAWO KABUPATEN MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 49-17 Put e Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 49-17 Put e Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (712kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari riset evaluasi ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian antara realisasi pelaksanaan rencana strategis dibandingkan dengan isi dokumen rencana strategis Kabupaten Magetan tahun 2014-2018 yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan dan Sentra Industri Kerajinan Kulit di Jalan Sawo. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, studi dokumen dan juga menggunakan audio-visual. Kemudian, untuk menguji keabsahan data penelitian digunakan teknik triangulasi sumber. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program peningkatan bagi IKM telah sesuai dengan perencanaan strategis yang telah ditetapkan. Perkembangan sentra kerajinan kulit juga menunjukkan adanya peningkatan dari tahun ke tahun baik dari segi tenaga kerja, teknologi, modal dan jaringan kerja. Meskipun tidak secara signifikan. Namun proses pelaksanaan rencana strategis tersebut juga belum sepenuhnya efektif dan efisien. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan anggaran yang dimiliki sehingga pelaksanaan program tidak secara merata, kurangnya tenaga penyuluh lapangan dan wadah untuk menampung aspirasi pengrajin kulit, serta respon dari pihak pengrajin sendiri masih terlihat kurang aktif dan kurang memanfaatkan dengan baik terhadap program yang diberikan oleh Disperindag.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.49/17 Put e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Perencanaan Strategis, Daya Saing
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
ILMA AMELIANA PUTRI, 071311133008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 16:39
Last Modified: 24 Jan 2018 16:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item