DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH KECAMATAN TERHADAP PELAYANAN PUBLIK : STUDI KASUS PEMEKARAN KECAMATAN KRANGGAN KOTA MOJOKERTO

Rosaria Nikasari, 071311133080 (2017) DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH KECAMATAN TERHADAP PELAYANAN PUBLIK : STUDI KASUS PEMEKARAN KECAMATAN KRANGGAN KOTA MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 58-17 Nik d Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 58-17 Nik d Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (308kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pemekaran Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto terhadap pelayanan publik. Hal ini dilatarbelakangi oleh salah satu bagian penting dalam pembangunan daerah adalah tingginya jumlah penduduk, meningkatnya kepadatan penduduk dan laju pertumbukan ekonomi serta tuntutan peningkatan pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemekaran adalah suatu proses membagi satu daerah administratif (daerah otonom) yang sudah ada menjadi dua atau lebih daerah otonom baru. Pemekaran Wilayah Kecamatan adalah pembentukan kecamatan baru yang (salah satu) tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Sedangkan, pelayanan Publik merupakan kegitan yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan metode observasi, studi dokumen dan wawancara secara mendalam, penentuan informan dilakukan dengan purposive dan snowball sampling dimana pihak-pihak dianggap mengetahui dampak-dampak pemekaran Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemekaran wilayah Kecamatan Kranggan membawa dampak positif bagi pelayanan publik di Kecamatan Kranggan Kota Mojokerto, yaitu setelah pemekaran wilayah kecamatan penerapan SOP menjadi lebih tegas, jarak tempuh masyarakat menjadi lebih dekat dan antrian menjadi tidak terlalu panjang sehingga pelayanan yang diberikan menjadi menjadi lebih efektif dan efisien. Kualitas pelayanan publik di kecamatan pasca pemekaran sangat meningkat. Serta masyarakat saat ini merasa lebih diperhatikan, karena wilayah kerja kecamatan sudah berkurang sehingga beban pelayanan kecamatan juga menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.58/17 Nik d
Uncontrolled Keywords: Pemekaran, Kecamatan, Dampak, dan Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Rosaria Nikasari, 071311133080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNanang Haryono, S.IP., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 16:52
Last Modified: 24 Jan 2018 16:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67719
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item