STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DIREKTORAT PELAKSANAAN ANGGARAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN ANGGARAN TAHUN 2017

Dwi Harivarman, 071514853026 (2017) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DIREKTORAT PELAKSANAAN ANGGARAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN ANGGARAN TAHUN 2017. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (jurnal)
Jurnal Dwi Harivarman-Hambatan Komunikasi Internal di Organisasi Pemerintahan-.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi internal dan eksternal yang diterapkan oleh Direktorat Pelaksanaan Anggaran Kementerian Keuangan dalam kegiatan Spending Review dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Kementerian/Lembaga, serta untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang terjadi dalam penerapan strategi komunikasi tersebut, baik secara internal maupun eksternal organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan data kualitatif, dimana data dan informasi penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam (in-depth interview) serta observasi terhadap informan. Data tambahan diperoleh dari pengumpulan data sekunder melalui metode online maupun offline. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi internal yang diimplementasikan oleh Direktorat Pelaksanaan Anggaran adalah dalam hal pemilihan media yaitu menerapkan komunikasi secara lisan dan tatap muka sebagai metode utama untuk melakukan koordinasi pada saat pelaksanaan kegiatan. Kedua adalah dalam hal pemilihan isi pesan yaitu mewujudkan visi dan misi organisasi sebagai fokus utama dalam pelaksanaan kegiatan organisasi. Strategi internal ketiga adalah dalam lingkungan tempat terjadinya komunikasi dengan menggabungkan antara komunikasi formal dan informal untuk koordinasi internal. Strategi komunikasi eksternal yang dilakukan adalah menyesuaikan isi pesan dan materi yang disampaikan pada saat kegiatan SR dan EPA K/L dengan karakteristik dan kebutuhan pihak eksternal. Strategi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sarana media yang beragam dalam berkomunikasi dengan pihak eksternal. Hambatan komunikasi internal yang dihadapi adalah adanya perbedaan persepsi antara pimpinan dan bawahan terhadap pelaksanaan kegiatan, terbatasnya praktik sharing informasi dari pihak manajemen kepada pegawai pelaksana, serta gaya kepemimpinan atasan yang berpengaruh dalam pelaksanaan kegiatan. Hambatan komunikasi eksternal yang ditemui adalah tidak adanya umpan balik dari pihak eksternal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 11/17 Har s
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, hambatan komunikasi, internal dan eksternal organisas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Media dan Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dwi Harivarman, 071514853026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Wijayanti, Dr. , S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 21:45
Last Modified: 11 Dec 2017 21:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67727
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item