Strategi Komunikasi Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) Surabaya Dalam Sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Pada Masyarakat Pendengar (Studi Kasus pada Sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) di Surabaya)

Asfira Rachmad Rinata, S.I.Kom, 071514853003 (2017) Strategi Komunikasi Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (GERKATIN) Surabaya Dalam Sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Pada Masyarakat Pendengar (Studi Kasus pada Sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) di Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (jurnal)
JURNAL - ASFIRA RR - FAMILY COMMUNICATIONS IN THE DISABLED DEAF ASSISTING VICTIM OF SEXUAL ABUSE.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) kepada masyarakat pendengar adalah untuk memberikan informasi mengenai bahasa yang digunakan oleh Tuli sehari-hari serta, memberi edukasi masyarakat pendengar mengenai BISINDO, agar masyarakat pendengar dan Tuli dapat berinteraksi dengan mudah dan dimengerti oleh kedua belah pihak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus (case study). Dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi. Objek dan Subjek pada penelitian ini terfokus kepada anggota yang turut serta dalam sosialisasi BISINDO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi edukasi dan membangun relasi dengan masyarakat dalam kegiatan sosialisasi BISINDO dirasa kurang maksimal dengan kurangnya minat dan motivasi dari masyarakat pendengar untuk belajar mengenai BISINDO. Hal tersebut juga dikarenakan BISINDO yang belum mendapat pengakuan dari pemerintah sebagai bahasa resmi yang digunakan oleh Tuli. Penyampaian pesan yang dilakukan GERKATIN dalam sosialisasi BISINDO menggunakan komunikasi langsung dengan metode edukasi dan pengulangan atau repetition yang mana penggunaan metode edukasi untuk saat ini dirasa paling efektif. Karena keterbatasan bahasa yang dimiliki akan menyulitkan jika strategi yang digunakan tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh komunikator. Komunikasi langsung menjadi strategi yang paling efektif karena antara Tuli dan masyarakat pendengar dapat saling tatap muka ketika berkomunikasi. Selain itu tidak beragamnya media yang digunakan dalam pelaksanaan sosialisasi yang disebabkan kurangnya pengetahuan dari SDM. Kegiatan sosialisasi BISINDO yang diselenggarakan setiap minggunya tidaklah selalu berjalan lancar namun juga terdapat beberapa hambatan seperti pada Hambatan psikologi yang meliputi kepercayaan diri masyarakat Tuli. Hambatan sosiologi meliputi prasangka, aksesbiltas, diskriminasi, dan Hambatan bahasa meliputi prokontra antara SIBI dan BISINDO, perbedaan budaya antara satu daerah dengan daerah lainnya

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 12/17 Rin s
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, sosialisasi, Tuli. BISINDO
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Media dan Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Asfira Rachmad Rinata, S.I.Kom, 071514853003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMusta'in, Prof .Dr., Drs, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 21:53
Last Modified: 11 Dec 2017 21:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67734
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item