Muhammad Fauzi Adil Setiawan, 071311133047 (2017) STUDI DESKRIPTIF LAYANAN KEPENDUDUKAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURABAYA DI TINJAU DARI PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
Fis AN 65-17 Set s Abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Fis AN 65-17 Set s Sec.pdf Restricted to Registered users only until 12 December 2020. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran secara rinci terkait dengan mewujudkan pelaksanaan Good Governance dalam pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Tujuan untuk melihat berhasil atau tidaknya pelaksanaan pelayanan publik dari perspektif Good Governance. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya dalam perspektif Good Governance ini menggunakan sembilan prinsip-prinsip Good Governance dari UNDP meliputi partisipasi, peraturan hukum, transparansi, daya tanggap, berorientasi konsensus, berkeadilan, efektifitas dan efesiensi, akuntabilitas dan visi strategis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Informan yang dipilih dalam penelitian adalah pejabat strukrtural, staff pelayanan dan masyarakat yang mengurus pelayanan kependudukan. Teknik penetuan informan dilakukan secara purposive sampling dan snowball sampling untuk pihak pemerintah melalui key informan dan accindental random sampling untuk pihak masyarakat. Data terkumpul diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dari sembilan prinsip Good Governance dalam pelayanan publik mewujudkan Good Governance mengutamakan empat prinsip yaitu partisipasi, peraturan hukum, transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaannya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelakasanaan pelayanan publik dalam mewujudkan Good Governance di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya ini yang paling menonjol adalah prinsip akuntabilitas, dikarenakan akuntabilitas berkaitan dengan tanggung jawab staff pelayanan, dalam urusan ini staff pelayanan mengoptimalkan membantu masyarakat yang sedang mengurus pelayanan kependudukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.AN.65/17 Set s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Good Governance, Pelayanan Publik, Pelayanan Kependudukan | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol2 2 | ||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2018 17:01 | ||||||
Last Modified: | 24 Jan 2018 17:01 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67746 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |