STRATEGI THE ICELANDIC FEDERATION OF FISHING VESSELS OWNERS (LIU) DALAM PEMBATALAN AKSESI UNI EROPA OLEH ISLANDIA

IQBAL ANGGRIAWAN, 071211233028 (2017) STRATEGI THE ICELANDIC FEDERATION OF FISHING VESSELS OWNERS (LIU) DALAM PEMBATALAN AKSESI UNI EROPA OLEH ISLANDIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.22.17 . Ang.s - ABSTRAK.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.22.17 . Ang.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam perumusan kebijakan luar negeri, pemimpin negara seringkali tidak hanya menjadi aktor tunggal. Banyak terdapat menteri, pejabat, staff ahli hingga kelompok kepentingan yang turut memengaruhi kebijakan luar negeri suatu negara. Penelitian ini berangkat dari adanya perubahan kebijakan terkait dengan aplikasi keanggotaan Uni Eropa oleh Islandia. Keputusan Islandia untuk mengajukan aplikasi keanggotaan Uni Eropa pada tahun 2009 dinilai cukup mengejutkan. Meski pengajuan tersebut merupakan langkah alternatif bagi Islandia untuk dapat meningkatkan perekonomiannya pasca krisis global 2008, Islandia sendiri dikenal sebagai negara yang sangat eurosceptism. Terjadinya pergantian atmosfir politik di Islandia pada tahun 2013 menyebabkan aplikasi Uni Eropa tersebut tertahan. Partai Independen (IP) yang dikenal sebagai partai eurosceptism berhasil menduduki kembali mayoritas kursi parlemen Islandia yang sebelumnya dikuasai oleh partai pro-euro Social Democrats Alliance (SDA). Tentu saja agenda utama dari IP adalah untuk membatalkan aplikasi tersebut dan pada tahun 2015 melalui menteri luar negerinya, Islandia secara resmi telah melayangkan surat pembatalan aplikasi Uni Eropa. Di sisi lain, keputusan IP untuk membatalkan aplikasi tersebut ternyata juga sarat akan pengaruh kelompok kepentingan. Adalah The Federation of Icelandic Fishing Vessel Owners (LIU), kelompok kepentingan terbesar di Islandia yang bergerak pada sektor perikanan. Penelitian ini kemudian ingin menelusuri bagaiman strategi LIU dalam memengaruhi perumusan kebijakan luar negeri Islandia terkait pembatalan aplikasi Uni Eropa tersebut. Penulis sendiri mengajukan hipotesis bahwa pengaruh LIU dalam perumusan kebijakan luar negeri Islandia didapatkan karena adanya model politik birokrat di Islandia. Kemudain LIU menggunakan strategi framing khususnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.22/17 Ang s
Uncontrolled Keywords: Islandia, Aplikasi, Uni Eropa, The Federation of Icelandic Fishing Vessel Owners (LIU), Independent Party (IP), Strategi, Kelompok Kepentingan, Kebijakan Luar Negeri.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
IQBAL ANGGRIAWAN, 071211233028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Sulistyo, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:36
Last Modified: 10 Jan 2018 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67757
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item