EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (Studi Deskriptif Tentang Puskesmas Tulangan, Kabupaten Sidoarjo)

MUHAMAD DAYU SANTOSA, 071311133064 (2017) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (Studi Deskriptif Tentang Puskesmas Tulangan, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 69-17 San e Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 69-17 San e Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan Badan Layanan Umum Daerah telah berjalan sejak 2007 bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk mewujudkan penyelenggaraan tugas tugas pemerintah dan/atau pemerintah daerah dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan sampai saat ini masih beberapa masalah penerapan BLUD dilapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan efektivitas implementasi kebijakan badan layanan umum daerah di Puskesmas Tulangan. Penelitian ini mengacu pada indikator-indikator efektivitas dari teori James L. Gibson. Metode yang digunakan oleh penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Berlokasi di Puskesmas Tulangan lembaga internal pelaksanaan kebijakan dan Lembaga Eksternal seperti Bappeda, BPKAD, dan Dinas Kesehatan. Teknik penentuan informan menggunakan cara purposive sampling, dengan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah kebijakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Puskesmas Tulangan telah berjalan efektif. Namun pada implementasi kebijakan BLUD di Puskesmas Tulangan masih ada beberapa hal yang harus di benahi. Peneliti menyarakankan kepada Dinas Sosial selaku lembaga eksternal BLUD untuk memperbaiki sumber daya manusia, serta meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.69/17 San e
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Implementasi, Kebijakan, Badan Layanan Umum Daerah, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMAD DAYU SANTOSA, 071311133064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas Supramudyo, Drs., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 21:22
Last Modified: 24 Jan 2018 21:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67758
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item