EFEKTIFITAS KOORDINASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENGADAAN BARANG/JASA SECARA ELEKTRONIK PEMERINTAH KOTA KEDIRI

AYU AULIYANA, 071311133039 (2017) EFEKTIFITAS KOORDINASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENGADAAN BARANG/JASA SECARA ELEKTRONIK PEMERINTAH KOTA KEDIRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 73-17 Aul e Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 73-17 Aul e Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL ARTICEL)
sec.pdf

Download (355kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik (eprocurement) adalah salah satu jenis kegiatan pemerintah yang dilakukan dengan menggunakan anggaran APBD. Dalam penyelenggaraan e-procurement dibutuhkan koordinasi dan komunikasi antara Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kota Kediri sebagai pihak yang melaksanakan proses pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan koordinasi dalam pengadaan barang/jasa serta pola komunikasi antara LPSE dan BPBJ dalam proses pengadaan barang/jasa di Pemerintah Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian adalah LPSE dan BPBJ Kota Kediri. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data penelitian digunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan e-procurement di linkungan Pemerintah Kota Kediri berjalan selama 5 tahun. Koordinasi dan komunikasi antara LPSE dengan BPBJ selama proses e-procurement termasuk dalam koordinasi horizontal. Komunikasi dilakukan secara dua arah dimana masing-masing pihak saling memberikan feedback terhadap pelaksanaan eprocurement, pola komunikasi organisasi yaitu pola roda dimana pimpinan berkedudukan sentral. Koordinasi dan komunikasi telah dilaksanakan secara efektif terkait dengan pembahasan mengenai pelaksanaan e-procurement, permasalahan e-procurement, perkembangan SPSE, pemberian sosialisasi dan BIMTEK kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Kediri. Selama proses koordinasi dan komunikasi terdapat beberapa hambatan diantaranya permasalahan waktu dan kurangnya SDM berbasis IT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.73/17 Aul e
Uncontrolled Keywords: Koordinasi, Komunikasi, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, E-procurement
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
AYU AULIYANA, 071311133039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGitadi Tegas Supramudyo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 21:29
Last Modified: 24 Jan 2018 21:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67773
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item