PENGEMBANGAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH MELALUI CLINIC CENTER OLEH UNIT PELAKSANA TEKNIS LABORATORIUM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (UPT-LPKD) JAWA TIMUR

CHOIRIYAH BASNAWI, 071311133020 (2017) PENGEMBANGAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH MELALUI CLINIC CENTER OLEH UNIT PELAKSANA TEKNIS LABORATORIUM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (UPT-LPKD) JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 75-17 Bas p Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 75-17 Bas p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan kapasitas serta mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan keuangan daerah melalui Clinic Center oleh Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Pengelolaan Keuangan Daerah (UPT-LPKD) Jatim. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pengelolaan keuangan daerah akibat rendahnya kapasitas sumber daya manusia dalam pengelolaan keuangan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Provinsi Jatim melalui BPKAD membuat suatu Inovasi Laboratorium Pengelolaan Keuangan Daerah yang kemudian disingkat menjadi “Ini Lo Pakde” yang menjadi lembaga pertama di Indonesia yang bergerak dibidang Capacity Building pengelolaan keuangan daerah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori proses pengembangan kapasitas dan teori komponen pengembangan kapasitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Data didapatkan melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, interpretasi, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan proses pengembangan kapasitas melalui Clinic Center sudah berjalan dengan cukup baik. Permasalahan terdapat pada tahap evaluasi dimana sistem evaluasi masih belum terlaksana secara maksimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses konsultasi di Clinic Center secara keseluruhan bersifat menunjang kegiatan pengembangan kapasitas yang dilakukan. Salah satu faktor yang masih perlu diperbaiki adalah faktor kapasitas pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.75/17 Bas p
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kapasitas, Sumber Daya Manusia, Clinic Center
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
CHOIRIYAH BASNAWI, 071311133020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorErna Setijaningrum, Dr., S.IP., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 21:31
Last Modified: 24 Jan 2018 21:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item