TATA KELOLA PENDIDIKAN : STUDI TENTANG GERAKAN AYO SEKOLAH DI KABUPATEN BOJONEGORO DILIHAT DARI PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE DAN SOUND GOVERNANCE

Emi Nurfadlilah, 071311133034 (2017) TATA KELOLA PENDIDIKAN : STUDI TENTANG GERAKAN AYO SEKOLAH DI KABUPATEN BOJONEGORO DILIHAT DARI PERSPEKTIF GOOD GOVERNANCE DAN SOUND GOVERNANCE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 76-17 Nur t Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 76-17 Nur t Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gerakan Ayo Sekolah menjadi salah satu langkah yang ditempuh oleh Kabupaten Bojonegoro untuk menangani permasalahan pendidikan. Salah satu permasalahan dalam bidang pendidikan adalah angka putus sekolah yang masih tinggi. Gerakan ini sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut serta peningkatan partisipasi sekolah masyarakat. Pengelolaan pendidikan menjadi penting untuk dibahas karena masih banyaknya anggapan bahwa tata kelola pemerintah masih kurang baik. Tata kelola pemerintah yang kurang baik ini akan berdampak pula pada bidang-bidang yang dinaunginya, salah satunya adalah pendidikan. Pengelolaan pendidikan yang kurang baik ini akan menimbulkan gap antara tujuan yang ingin dicapai dengan kenyataan yang terjadi dilapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk melihat tata kelola Gerakan Ayo Sekolah di Kabupaten Bojonegoro dilihat dari perspektif good governance dan sound governance. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan dokumen tertulis. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan keesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dalam Gerakan Ayo Sekolah jika dilihat dari perspektif good governance masih perlu ditingkatkan dalam prinsip rule of law, transparansi, dan effectiveness and efficiency. Sedangkan jika dilihat dari perspektif sound governance masih perlu ditingkatkan dalam dimensi kognisi dan nilai serta konstitusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.76/17 Nur t
Uncontrolled Keywords: Good governance, sound governance, pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Emi Nurfadlilah, 071311133034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorH. Jusuf Irianto, Dr. , Drs., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 21:48
Last Modified: 24 Jan 2018 21:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67782
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item