DAMPAK SINERGITAS PENGAWASAN ANTAR STAKEHOLDER DALAM PENATAAN BANGUNAN LIAR DI SEPANJANG WILAYAH PINGGIRAN SUNGAI BUNTUNG KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

RIZKY ARYA WICAKSONO, 071311133063 (2017) DAMPAK SINERGITAS PENGAWASAN ANTAR STAKEHOLDER DALAM PENATAAN BANGUNAN LIAR DI SEPANJANG WILAYAH PINGGIRAN SUNGAI BUNTUNG KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 78-17 Wic d abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 78-17 Wic d Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu untuk menggambarkan dampak sinergitas pengawasan antar stakeholder. Dalam hal ini antara lembaga pemerintah, swasta dan juga masyarakat dalam masalah penataan bangunan liar di sepanjang wilayah pinggiran Sungai Buntung Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah, pada saat ini di tiap-tiap daerah di Indonesia pasti menghadapi permasalahan kemiskinan. Masalah ini disebabkan oleh banyaknya orang yang merantau ke kota-kota besar namun akhirnya tidak mempunyai tempat tinggal sehingga menimbulkan permasalahan lain yaitu maraknya pembangunan bangunan yang melanggar peraturan dikarenakan menyempitnya lahan yang bisa dipakai untuk mendirikan tempat tinggal. Akibatnya banyak masyarakat yang menyalahgunakan lahan seprti pinggiran sungai untuk didirikan tempat tinggal padahal sudah ada peraturan yang mengatur hal tersebut. Hal ini mengundan keingintahuan untuk melihat bagaimana dampak sinergitas pengawasan antar stakeholder dalam penataan bangunan liar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitiannya adalah deskriptif. Temuan – temuan data didapat melalui wawancara mendalam, pengamatan serta penggunaan dokumen. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling dan snowball sampling. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dengan membandingkan hasil wawancara, pengamatan dan dokumen yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah dengan bersinerginya pengawasan antar stakeholder menimbulkan dampak yang baik yakni ketertiban yang ada didaerah bangunan liar itu meningkat serta estetika kota meningkat sehingga menambah daya tarik dari daerah/kota tersebut. koordinasi, komunikasi, kewenangan mengatur serta kewenangan sanksi juga sudah dilakukan dengan baik antar stakeholder sehingga dampak dari sinergitas yang ada menjadi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.78/17 Wic d
Uncontrolled Keywords: Bangunan Liar, Sinergitas, Koordinasi, Komunikasi, Peraturan
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIZKY ARYA WICAKSONO, 071311133063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSunaryo, Drs. , MPstUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 21:51
Last Modified: 24 Jan 2018 21:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item