KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM PROGRAM PENCEGAHAN DINI DAN PENANGGULANGAN KORBAN BENCANA ALAM DI BPBD KABUPATEN TRENGGALEK (Studi tentang Transparansi, Akuntabilitas dan Value for Money)

ESA YULIA DAMAYANTI, 071311133059 (2017) KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM PROGRAM PENCEGAHAN DINI DAN PENANGGULANGAN KORBAN BENCANA ALAM DI BPBD KABUPATEN TRENGGALEK (Studi tentang Transparansi, Akuntabilitas dan Value for Money). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 82-17 Dam k Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 82-17 Dam k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (264kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kinerja pengelolaan keuangan memiliki peran sentral dalam upaya pembangunan kapasitas, efisiensi dan efektivitas pemerintah. Kabupaten Trenggalek adalah salah satu daerah yang mendapatkan penilaian opini WDP terhadap laporan keuangan pemerintah daerah berurutan, terhitung dari tahun 2009 hingga tahun 2015. Selain itu, untuk capaian kinerja yang tidak tercapai berurutan dari tahun 2014 hingga tahun 2015 adalah program pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam. Tidak tercapainya kinerja program tersebut salah satunya dikarenakan belum terserapnya anggaran secara optimal. Oleh karenanya untuk melihat kinerja pengelolaan keuangan dalam program pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam perlu adanya penerapan prinsip pengelolaan keuangan, yakni transparansi, akuntabilitas dan value for money. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kinerja pengelolaan keuangan daerah dalam program pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling, dimana terdiri dari 13 informan berasal dari BPBD Kabupaten Trenggalek. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya, uji validitas data diuji menggunakan teknik triagulasi sumber data sehingga diperoleh data yang absah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan prinsip transparansi, akuntabilitas dan value for money program pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam belum sepenuhnya dilaksankan dengan baik. Transparansi terkait publikasi informasi keuangan program belum dipublikasikan. Meskipun belum dipublikasikan, informasi pelaksanaan program dan kejadian bencana sudah di publikasikan, sehingga masyarakat dapat berpendapat dan memberikan kritik terhadap pelaksanaan program dan kejadian bencana. Akuntabilitas program terhadap pemerintah cukup baik. Meskipun dalam pelaksanaannya masih ada penyimpangan anggaran yang dilakukan. Value for Money program baik, dimana alokasi biaya program sesuai dengan aturan pemerintah sehingga penggunaan anggaran disesuaikan dengan dana yang tersedia. Selain itu, penanganan bencana yang termasuk dalam pelayanan program juga dilakukan dengan cepat, tanggap dan tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.82/17 Dam k
Uncontrolled Keywords: Kinerja pengelolaan keuangan, transparansi, akuntabilitas, value for money
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
ESA YULIA DAMAYANTI, 071311133059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 21:55
Last Modified: 24 Jan 2018 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67805
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item