KETIDAKEFEKTIFAN PACIFIC ISLANDS FORUM DALAM MENGATASI KEJAHATAN LINTAS BATAS DI PASIFIK SELATAN

SISTYA ASRI PRASETYO, 071211232010 (2017) KETIDAKEFEKTIFAN PACIFIC ISLANDS FORUM DALAM MENGATASI KEJAHATAN LINTAS BATAS DI PASIFIK SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.31.17 . Pra.k - ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.31.17 . Pra.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah mengapa upaya perlawanan terhadap kejahatan lintas batas yang dilakukan Pacific Islands Forum (PIF) belum menghasilkan tingkat kolaborasi yang secara efektif menekan prevalensi aktivitas kejahatan lintas batas di Pasifik Selatan. Hal ini menjadi problematik karena upaya kolektif secara regional telah diinisiasi sejak tahun 1992 melalui Deklarasi Honiara. Namun, progres dari implementasi deklarasi cenderung lambat dan di sisi lain, penetrasi aktivitas kejahatan lintas batas semakin terlihat di kawasan Pasifik Selatan. Penelitian ini menelusuri faktor-faktor yang menyebabkan ketidakefektifan upaya regional tersebut menggunakan perspektif neoliberal institusionalisme melalui efektivitas rezim dan disfungsi organisasi internasional serta pendekatan ekonomi politik dari kejahatan lintas batas. Peneliti mengajukan hipotesis bahwa ketidakefektifan upaya regional tersebut yang tercermin dari tingkat kolaborasi yang rendah tidak bisa dilepaskan dari lemahnya kapasitas penyelesaian masalah dalam organisasi regional PIF yakni kapasitas institusional dan organisasional. Kapasitas institusional mencakup peraturan akses, prosedur pengambilan keputusan dan budaya informal organisasi sedangkan kapasitas organisasional meliputi koherensi internal organisasi, otonomi dan sumber daya yang dimiliki. Permasalahan koordinasi tidak dapat diselesaikan ketika kapasitas institusional dan organisasional dalam organisasi internasional tidak terlalu kuat. Selain itu, berakar dari pendekatan ekonomi politik kejahatan lintas batas, ketidakefektifan tersebut juga didorong oleh keterbatasan kapasitas negara-negara Kepulauan Pasifik yang semakin diperparah oleh adanya insentif dari aktivitas kejahatan lintas batas. Kapasitas negara yang pada awalnya sudah lemah semakin dikikis oleh tindakan pengambilan keuntungan dari aktivitas kejahatan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.31/17 Pra k
Uncontrolled Keywords: Kejahatan Lintas Batas, Pacific Islands Forum (PIF), Pasifik Selatan, Kepulauan Pasifik, Organisasi Regional, Neoliberal Institusionalisme
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
SISTYA ASRI PRASETYO, 071211232010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBaiq L.S.W Wardhani, Dra., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 17:55
Last Modified: 11 Jan 2018 17:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67807
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item