India Sebagai Destinasi Utama Pariwisata Medis di Asia Selatan

Terri Putri Wandera, 071211231018 (2017) India Sebagai Destinasi Utama Pariwisata Medis di Asia Selatan. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 6 (1). pp. 139-151. ISSN 2302-8777

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.HI.32.17 . Wan.i - JURNAL.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/JAHI@india-sebagai-dest...

Abstract

India merupakan salah satu negara dengan perkembangan ekonomi yang tinggi. Pariwisata medis adalah salah satu sumber perekonomian India yang menjanjikan. Saat ini India adalah destinasi utama pariwisata medis di Asia Selatan. Dari sekian banyak wisatawan medis yang datang ke India, wisatawan medis asal Asia Selatan adalah wisatawan terbanyak. Peneliti mempertanyakan alasan India menjadi destinasi utama pariwisata medis di Asia Selatan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini mengkaji keunggulan kompetitif industri medis India dan pengaruh kedekatan jarak geografis, kultural, serta administratif antara India dengan negara Asia Selatan. Dari situ kemudian penelitian ini menemukan bahwa keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh industri pariwisata medis India, khususnya kemampuan India dalam memenuhi faktor produksi serta permintaan dalam negerinya mendorong India untuk melakukan inovasi yang menghasilkan kualitas industri medis yang dicari oleh wisatawan medis Asia Selatan. Selain itu, kedekatan India secara kultural khususnya penggunaan Bahasa, kedekatan jarak geografis yakni lokasi antara India dengan negara Asia Selatan, serta kedekatan administratif yaitu kebijakan visa medis yang diberikan kepada negara Asia Selatan menjadikan India sebagai pilihan utama bagi wisatawan medis Asia Selatan untuk melaksanakan pariwisata medis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Industri Pariwisata Medis, Keunggulan Kompetitif, Jarak Geografis, Jarak Kultural, Jarak Administratif.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Terri Putri Wandera, 071211231018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrfa Puspitasari, S.IP., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 17:56
Last Modified: 11 Jan 2018 17:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67812
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item