REPRESENTASI MASYARAKAT URBAN DALAM TOKOH JARWO DI SERIAL ANIMASI ADIT SOPO JARWO

REZA BAKHTIAR, 071211532005 (2016) REPRESENTASI MASYARAKAT URBAN DALAM TOKOH JARWO DI SERIAL ANIMASI ADIT SOPO JARWO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 02-17 Bak r Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 02-17 Bak r Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi masyarakat urban pada tokoh Jarwo di serial animasi Adit Sopo Jarwo. Peneltian ini bertujuan untuk mengeksplorasi masyarakat urban yang ditampilkan oleh media, seringkali, tidak berimbang dan membuat masyarakat urban sebagai objek kesalahan semata, dengan stereotypestereotype tertentu. Peneliti mengunakan teori animasi milik Paul Wells dan realita media milik Bruce H. Weastley dan Malcolm S. MacLean, juga penjelasan mengenai masyarakat urban oleh banyak tokoh. Peneliti menggunakan pisau analisis semiotik milik Roland Barthes dengan dua tahapan pemaknaan yakni denotasi dan konotasi hingga pemunculan mitos. Mengingat fenomena urban merupakan kompleks dan bisa diusut dengan berbagai sudut pandang, maka dari itu peneliti tidak membatasi dengan menggunakan data dan teori tambahan yang memperkuat analisis peneliti. Sehingga penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa tokoh Jarwo ditampilkan sebagai masyarakat urban yang menjadi objek kesalahan, berkutat dengan kemiskinan, tidak memiliki hak untuk merasakan kenikmatan sebab kenikmatannya bersifat palsu, melakukan kejahatan sebagai jawaban atas tekanan yang dihadapi, terakhir Jarwo digambarkan sebagai masyarakat urban dengan sosok yang religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.02/17 Bak r
Uncontrolled Keywords: Masyarakat urban, representasi, semiotik
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
REZA BAKHTIAR, 071211532005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 22:05
Last Modified: 24 Jan 2018 22:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67814
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item