SIKAP JERMAN DALAM KASUS PROYEK KONSTRUKSI NORD STREAM 2

RAMLI KHAMDANI, 071211233029 (2017) SIKAP JERMAN DALAM KASUS PROYEK KONSTRUKSI NORD STREAM 2. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.34.17 . Kha.s - ABSTRAK.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.34.17 . Kha.s - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nord Stream merupakan salah satu rute jalur pipa gas yang mengalirkan pasokan gas alam dari Rusia menuju Uni Eropa melalui Jerman. Uni Eropa pada dasarnya masih berada dalam kondisi yang membutuhkan pasokan gas yang stabil dari Rusia. Pasca konflik Krimea pada tahun 2014, hubungan antara Rusia dan Uni Eropa memanas. Akibatnya, muncul suara-suara untuk mulai meminimalisasi dominasi Rusia di pasar energi Eropa, dan melakukan diversifikasi pemasok gas. Ide tentang pembentukan energy union sebagai upaya untuk menyatukan suara negara-negara anggota Uni Eropa dalam pembicaraan tentang energi terhadap Rusia muncul dan cukup menjadi pembicaraan menarik antara negara anggota Uni Eropa. Namun, ditengah-tengah tumbuhnya ide tersebut, Jerman justru memberikan dukungan terhadap proyek peningkatan kapasitas pipa Nord Stream atau disebut juga proyek Nord Stream 2. Kebijakan Jerman untuk mendukung proyek Nord Stream 2 menuai banyak kritik dan penolakan dari negara-negara anggota Uni Eropa lainnya. Namun meski menuai sekian banyak kontroversi, Jerman tetap meneruskan proyek Nord Stream 2 dan mencoba meyakinkan negara-negara Uni Eropa untuk dapat melanjutkan proyek tersebut. Penelitian ini mencoba mencari alasan yang mendasari sikap Jerman yang tetap meneruskan dukungan terhadap proyek Nord Stream 2 meski mendapat banyak tentangan dari negara-negara sesama anggota Uni Eropa. Dalam mencoba menjawab hal tersebut, penulis menggunakan perspektif kedaulatan dalam memandang ancaman terhadap keamanan energi, serta kerangka ketergantungan dan strategi bandwagoning dalam menggambarkan ancaman terhadap keamanan energi Jerman dan upaya respon terhadap ancaman tersebut dengan bandwagoning terhadap Rusia sebagai alasan yang mendasari dukungan Jerman terhadap Nord Stream 2 ditengah penolakan negara-negara Uni Eropa lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.34/17 Kha s
Uncontrolled Keywords: Nord Stream, Jerman, Rusia, gas, ketergantungan, bandwagoning, Krimea
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
RAMLI KHAMDANI, 071211233029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Sulistyo, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 17:58
Last Modified: 11 Jan 2018 17:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item