REPRESENTASI IDENTITAS KOTA SURABAYA DALAM LIRIK LAGU BIANGLALA, SI PELANGGAN DAN MALAM JATUH DI SURABAYA OLEH BAND SILAMPUKAU

Bayu Aditya Caesaryandi, 071211533017 (2016) REPRESENTASI IDENTITAS KOTA SURABAYA DALAM LIRIK LAGU BIANGLALA, SI PELANGGAN DAN MALAM JATUH DI SURABAYA OLEH BAND SILAMPUKAU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 05-17 Cae r Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 05-17 Cae r Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (60kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus Penelitian ini merupakan representasi identitas kota Surabaya melalui lirik lagu “Bianglala”, “Si Pelanggan”, dan “Malam Jatuh di Surabaya” dari musisi lokal Surabaya Silampukau. Penelitian ini menjadi menarik untuk diteliti karena melihat adanya fenomena penggambaran mengenai identitas kota surabaya dari aspek fisik dan non-fisik yang berbeda dengan yang disampaikan oleh media-media konvensional pada umumnya. Lewat media lagu, Silampukau mencoba untuk menghadirkan realitas baru yang menjadikan elemen pembentuk Identitas Kota Surabaya. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk melihat bagaimana ketiga lirik lagu “Bianglala, Si Pelanggan dan Malam Jatuh di Surabaya” membentuk pemaknaan baru terhadap Identitas Kota Surabaya. Dengan menggukan tipe penelitian deskrptif dan analisis semiotik Roland barthes, penelitian ini mencoba untuk membedah makna dalam lirik lagu melalui segi denotasi dan konotasi. Melalui pisau analisis tersebut, peneliti menemukan bagaimana sebuah Taman Remaja Surabaya, Lokalisasi Dolly, hingga jalanan Ahmad Yani menjadi faktor pembentuk identitas kota secara fisik dan berkurangnya nilai religiuisitas dalam masyarakat perkotaan dan konteks sosial ekonomi masyarakat kota Surabaya sebagai faktor pembentuk Identitas Kota Surabaya dalam aspek sosialnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.05/17 Cae r
Uncontrolled Keywords: Representasi, Identitas Kota, Surabaya, Silampukau
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Bayu Aditya Caesaryandi, 071211533017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYayan Sakti Suryandaru, Dr.,S.sos.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 22:08
Last Modified: 24 Jan 2018 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67820
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item