NARASI PENDISIPLINAN SEKSUALITAS MELALUI PENDIDIKAN SEKSUALITAS OLEH ORANG TUA KEPADA ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA MUSLIM

ANDI RIZZKI KURNIAWATI, 071311533070 (2016) NARASI PENDISIPLINAN SEKSUALITAS MELALUI PENDIDIKAN SEKSUALITAS OLEH ORANG TUA KEPADA ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA MUSLIM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 11-17 Kur n Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 11-17 Kur n Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai narasi pendisiplinan seksualitas melalui pendidikan seksualitas oleh orang tua kepada anak usia dini dalam konteks keluarga muslim. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana narasi pendisiplinan seksualitas melalui pendidikan seksualitas oleh orang tua kepada anak usia dini dalam keluarga muslim. Seksualitas memiliki definisi yang cair sehingga setiap orang tua memiliki pemahaman dan cara pandangnya masingmasing. Adapun nilai-nilai dalam ajaran agama menjadi salah satu aspek yang melatarbelakangi pembentukan ujaran mengenai pendidikan seksualitas. Pendidikan seksualitas dalam hal ini digunakan sebagai instrument mengontrol dan mendisiplinkan tubuh. Melalui penelitian ini, peneliti mendeskripsikan ujaran mengenai pendidikan seksualitas dalam bentuk teks narasi dari hasil wawancara mendalam terhadap lima pasangan informan. Selain itu, peneliti turut melihat keterkaitan antara nilai-nilai keagamaan yang dianut oleh keluarga muslim dalam mengutarakan pendidikan seksualitas sebagai alat untuk mendisiplinkan tubuh. Untuk mendeskripsikan ujaran mengenai pendidikan seksualitas peneliti menggunakan teori narasi Walter R. Fisher. Berdasarkan hasil analisis, pemahaman masing-masing orang tua mengenai ajaran islam termasuk latar belakang masing-masing individu menjadi salah satu aspek yang melatarbelakangi pembentukan ujaran mengenai pendidikan seksualitas. Dengan begitu, orang tua mendefinisikan pengetahuan termasuk memilih dan membentuk narasi mengenai seksualitas yang diujarkan untuk mendisiplinkan seksualitas anaknya berdasarkan latar belakang dan pemahaman mereka terhadap ajaran agama yang dianut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.11/17 Kur n
Uncontrolled Keywords: Narasi, pendidikan seksualitas, keluarga muslim, tubuh, pendisiplinan seksualitas
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDI RIZZKI KURNIAWATI, 071311533070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.,Med. KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 25 Jan 2018 16:50
Last Modified: 25 Jan 2018 16:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67830
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item