MENGAPA BREXIT? FAKTOR-FAKTOR DI BALIK PENARIKAN INGGRIS DARI KEANGGOTAAN UNI EROPA

YULYAN MAHARTA SAVIAR, 071311233100 (2017) MENGAPA BREXIT? FAKTOR-FAKTOR DI BALIK PENARIKAN INGGRIS DARI KEANGGOTAAN UNI EROPA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Other (ABSTRAK)
Fis.HI.39.17 . Sav.m - ABSTRAK.PDF

Download (2MB) | Preview
[img] Other (FULLTEXT)
Fis.HI.39.17 . Sav.m - SEC.PDF
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Integrasi kawasan Eropa yang telah lama terjadi dan kerjasama ekonomi Inggris sebagai anggota Uni Eropa tidak menghindarkan keputusan Inggris menarik diri dari keanggotaan Uni Eropa. Dua fakta yang bertentangan tersebut menjadi menarik untuk diteliti dalam keilmuan Hubungan Internasional terkait penyebab negara menarik diri dari proses integrasi kawasan. Dalam melakukan penelitian tersebut digunakan konsep terkait integrasi kawasan, kritik terhadap integrasi kawasan melalui sudut pandang state centric dan welfare state serta pengaruh dinamika politik domestik terhadap integrasi kawasan. Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini menemukan penyebab Inggris menarik diri dari Uni Eropa yang didasari penolakan maupun ketidakikutsertaan Inggris dalam menerapkan aturan atau perjanjian yang dibuat oleh Uni Eropa bagi negara anggotanya seperti penolakan bergabung dalam pembentukan awal Uni Eropa, referandum Uni Eropa tahun 1975, penolakan terhadap Perjanjian Schengen, Perjanjian Maastritch, dan Integrasi Keuangan Eropa. Temuan kedua adalah beban ekonomi dan sosial seperti biaya kontribusi, pertumbuhan ekonomi yang menurun, tingkat pengangguran dan krisis migran yang ditanggung Inggris sebagai anggota Uni Eropa. Dan ketiga adalah penguatan kelompok penolak Uni Eropa dari dalam negeri Inggris sejak mengusulkan referandum keanggotaan Inggris di Uni Eropa sampai masa kampanye yang mempengaruhi hasil referandum tersebut dari partai politik, pejabat publik, media massa, latar belakang pemilih, dan isu utama nasional. Tiga temuan tersebut menunjukan bahwa keberlanjutan negara menjadi anggota integrasi kawasan berkaitan dengan sektor kedaulatan negara, kesejahteraan negara, dan dinamika politik domestik suatu negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.39/17 Sav m
Uncontrolled Keywords: Integrasi Kawasan, Kedaulatan Negara, Kesejahteraan Negara, Dinamika Politik Domestik, Inggris, Uni Eropa
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
YULYAN MAHARTA SAVIAR, 071311233100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorJoko Susanto, S.IP., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 18:05
Last Modified: 11 Jan 2018 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67833
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item