ANALISIS FRAMING BERITA KASUS SGRC UI (Support Group and Resource Center for Sexual Studies Universitas Indonesia) TERKAIT ISU LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender) PADA REPUBLIKA.CO.ID DAN TEMPO.CO

NUR INDAH KUSUMAWARDHANI, 071211531028 (2016) ANALISIS FRAMING BERITA KASUS SGRC UI (Support Group and Resource Center for Sexual Studies Universitas Indonesia) TERKAIT ISU LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender) PADA REPUBLIKA.CO.ID DAN TEMPO.CO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 30-17 Kus a Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 30-17 Kus a Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis framing berita kasus Support Group and Resource Center for Sexual Studies Universitas Indonesia (SGRC UI) yang terkait dengan isu LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender) di news online media republika.co.id dan tempo.co. News online media merupakan media yang pertama kali memberitakan kasus ini, sehingga memiliki peran penting dalam persebaran kasus SGRC UI. Perbedaan latar belakang, ideologi dan cara pandang republika.co.id dan tempo.co menjadi pertimbangan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis menggunakan elemen framing Robert N. Entman yang terdiri dari define problem, diagnose cause, make moral judgements, dan treatment recommendation membuktikan bahwa perbedaan tersebut mempengaruhi frame yang ditampilkan oleh kedua media. Latar belakang dan ideologi republika.co.id yang berkaitan dengan keislaman mempengaruhi republika.co.id dalam mendefinisikan LGBT, yang mana lebih banyak didasari oleh norma agama. Republika.co.id menonjolkan penolakan terhadap SGRC UI karena dianggap sebagai gerakan pendukung LGBT. Sedangkan frame tempo.co cenderung netral dan berimbang dalam memberitakan kasus SGRC UI. Tempo.co tidak membenarkan media yang menyudutkan SGRC UI tanpa bukti dan fakta yang jelas. Hal ini berkaitan dengan ideologi moderat tempo.co yang lebih mengedepankan jurnalisme yang ideal dan berimbang. Penelitian ini membuktikan bahwa media melihat dan memahami realitas secara berbeda. Media melakukan konstruksi realitas dengan seleksi isu dan memilih fakta-fakta yang ditonjolkan untuk mendukung ideologi dan kepentingan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.30/17 Kus a
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, berita, LGBT, news online media, konstruksi realitas.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NUR INDAH KUSUMAWARDHANI, 071211531028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr. , S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:26
Last Modified: 25 Jan 2018 17:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67860
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item