AKTIVITAS FANDOM DALAM MENGAKTUALISASI FENOMENA SLASH PAIRING PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Etnografi Virtual Pada Fandom Boyband EXO di Media Sosial Instagram)

Elysa Yuni Rahmawati, 071311533010 (2017) AKTIVITAS FANDOM DALAM MENGAKTUALISASI FENOMENA SLASH PAIRING PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Etnografi Virtual Pada Fandom Boyband EXO di Media Sosial Instagram). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 35-17 Rah a Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 35-17 Rah a Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (501kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitianini membahas mengenai aktivitas apa saja yang dilakukan penggemar boyband EXO dalam mengaktualiasaikan fenomena slash pairing idolanya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan secara online atau tekstual dalam unggahan akun fandom slash pairing di Instagram pada kalangan penggemar boyband EXO. Selain itu untuk melihat bagaimana perkembangan budaya fans yang ada di Indonesia dikaitkan dengan konten homoseksual yang diunggah oleh fans pada media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan kajian fandom dalam popular culture, budaya fans dan Korean Wave, CMC (Computer Mediated Communication)sebagai new media,dan social media sebagai media ekspresi fans. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan melibatkan pengalaman langsung dimana peneliti menjadi bagian dari kehidupan subjek yang diteliti, atau biasa disebut observasi partisipatif. Peneliti memfokuskan pembahasan pada aktivitas penggemar K-Pop dalam media sosial Instagram berupa fantasi atau fiksi penggemar, yaitu dengan memproduksi pesan berupa anggapan dan keyakinan bahwa idolanya memiliki kecenderungan seksual gay/homoseksual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fans melakukan aktivitas mengagumi idolanya dengan memasangkan sesama lelaki kedalam hubungan romantis. Penggemar slash pairingmenganggap idolanya menjalin hubungan sesama jenis, mampu bereksplorasi kata-kata dalam membentuk cerita fiksi, mampu melakukan proses editing disesuaikan dengan cerita fiksi yang dibuat, mampu mencari bukti-bukti dalam menunjukkan dukungan pada pairing-nya, serta memiliki sikap chauvinism terhadap OTP-nya (One True Pairing). Ide dan aktivitas inilah yang akhirnya merupakan pengembangan budaya yang dilakukan fans dalam mengagumi idolanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.35/17 Rah a
Uncontrolled Keywords: Etnografi, fandom, aktivitas fans, budaya fans, slash pairing.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Elysa Yuni Rahmawati, 071311533010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.MedKomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 07 Feb 2018 19:08
Last Modified: 07 Feb 2018 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item