PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP IDENTITAS MASYARAKAT JAWA TIMUR DALAM KESENIAN LUDRUK OLEH KOMUNITAS IRAMA BUDAYA SURABAYA (STUDY RECEPTION ANALYSIS)

DEBBY TRIANANDA .S, 071211533030 (2017) PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP IDENTITAS MASYARAKAT JAWA TIMUR DALAM KESENIAN LUDRUK OLEH KOMUNITAS IRAMA BUDAYA SURABAYA (STUDY RECEPTION ANALYSIS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 38-17 Deb p Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 38-17 Deb p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
sec.pdf

Download (262kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang interpretasi data yang diperoleh dari penerimaan khalayak terhadap Identitas Masyarakat Jawa Timur dalam Kesenian Ludruk oleh komunitas Irama Budaya. Penelitian ini menjadi penting mengingat ludruk sebagai salah satu identitas masyarakat khas Jawa Timur merupakan wadah aspirasi bagi masyarakat untuk berbagi ide, gagasan, nilai dan norma budaya mereka. Namun sifat identitas yang tidak statis seiring dengan kemajuan teknologi dan derasnya arus globalisasi menjadikan ludruk dan identitas masyarakat Jawa Timur berubah seiring dengan berjalannya waktu dan dapat terpengaruhi hal-hal yang sesuai dengan nilai sosial dan kultural yang berkembang. Maka melalui penelitian inidapat diketahui bagaimana kini khalayak membaca kesenian ludruk sebagai identitas masyarakat Jawa Timur. Analisis dilakukan melalui wawancara mendalam (indepth interview) bersama 5 informan dengan latar belakang jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, dan sosial budaya yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan khalayak terhadap identitas masyarakat Jawa Timur dalam kesenian ludruk ini berbeda-beda dan tergantung pada latar belakang ekonomi, sosial, politik dan budaya masing-masing. Faktor pembentuk identitas masyarakat tersebut dibaca sebagai gender, status/ kelas sosial, nilai dan juga norma yang ditampilkan dalam ludruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.38/17 Deb p
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Identitas, Kesenian Jawa Timur, Ludruk, gender, nilai dan norma
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
DEBBY TRIANANDA .S, 071211533030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKandi Aryani Suwito, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:33
Last Modified: 25 Jan 2018 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item