TIONGKOK DALAM PENGUASAAN RARE EARTH ELEMENTS (REE) SEBAGAI LEADING SECTOR PEREKONOMIAN BARU

ALYATRISKASUTRISNO, 071211233042 (2017) TIONGKOK DALAM PENGUASAAN RARE EARTH ELEMENTS (REE) SEBAGAI LEADING SECTOR PEREKONOMIAN BARU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.HI.50.17 . Sut.t - ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.HI.50.17 . Sut.t - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hingga saat ini Tiongkok masih menjadi negara yang memproduksi Rare Earth Elements (REE) terbesar di dunia. Keberadaan REE menjadi penting seiring perubahan teknologi yang semakin moodern dan green economy dikarenakan setiap alat yang digunakan menggunakan komponen REE. Data pada tahun 2014 menunjukkan Tiongkok memproduksi 93.000 ton dari 110.000 ton total produksi REE secara keseluruhan. Hal ini membuat Tiongkok menjadi aktor penting sebagai negara dengan produksi terbesar serta membuat negara lain bergantung dengan produksi REE Tiongkok. Tetapi paska peristiwa sengketa wilayah perairan di Pulau Senkaku, Laut Cina Timur, pemerintah Tiongkok memutuskan untuk memberlakukan kebijakan tariff dan ekspor pada produksi REE sekaligus memutus pasokan REE ke Jepang. Hal ini kemudian memunculkan kepanikan global dan memicu naiknya harga Selain itu tindakan Tiongkok menunjukkan adanya kemauan Tiogkok untuk menguasai dan menggunakan sumber-sumber yang ia miliki (REE) intun mencapai kepentingan-kepentingannya Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai upaya-upaya Tiongkok dalam penguasaan REE kaitannya sebagai penguasaan terhadap “leading sector”.Adapun pendektatan yang digunakan di dalam penelitian ini yakni; Kondratieff Wave (K-Wave) digunakan untuk memotret pergeseran pentingnya pengguasaan akan “leading sector” serta resources nationalism untuk melihat Tiongkok dalam memaksimalkan keuntungan baik politik maupun ekonomi di dalam industri REE ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.HI.50/17 Sut t
Uncontrolled Keywords: Rare Earth Elements (REE), Tiongkok, Kondrateiff Wave (K-Wave), Resources Nationalsm
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
ALYATRISKASUTRISNO, 071211233042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCitra Hennida, MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 19:01
Last Modified: 11 Jan 2018 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item