REPRESENTASI GAYA HIDUP MASYARAKAT URBAN DALAM VLOG ARIEF MUHAMMAD, CHANDRA LIOW DAN RADITYA DIKA DI YOUTUBE

Esterlitha Maharani, 071311533022 (2017) REPRESENTASI GAYA HIDUP MASYARAKAT URBAN DALAM VLOG ARIEF MUHAMMAD, CHANDRA LIOW DAN RADITYA DIKA DI YOUTUBE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 60-17 Mah r Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 60-17 Mah r Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (569kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai representasi gaya hidup masyarakat urban dalam vlog Arief Muhammad, Chandra Liow, dan Raditya Dika. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplor penggambaran gaya hidup masyarakat urban dalam vlog di YouTube. Gaya hidup masyarakat urban dapat dilihat dari beberapa unsur. Diantaranya dari pakaian apa saja yang digunakan, barang apa saja yang dipakai, dan aktivitas apa saja yang dilakukan. Selain itu, gaya hidup juga dapat dilihat dari kebiasaan yang saat ini sedang dilakukan seperti kebiasaan kuliner dan kebiasaan travelling. Penelitian ini menggunakan metode semiotik milik Roland Barthes. Metode semiotik digunakan untuk melakukan kajian terhadap tanda. Peneliti menggunakan metode semiotik Roland Barthes untuk melihat makna denotasi dan konotasi yang ada pada vlog. Pemaknaan yang dilihat dari vlog Arief Muhammad, Chandra Liow, dan Raditya Dika dibagi menjadi, non-coded iconic message yang merupakan makna denotasi, coded iconic message yang merupakan makna konotasi, dan mitos yang merupakan hasil dari pemaknaan. Setelah melakukan ketiga tahap tersebut maka peneliti dapat mendeskripsikan penggambaran gaya hidup masyarakat urban dalam vlog di YouTube. Dengan menggunakan metode semiotik milik Roland Barthes, peneliti mampu mengungkap makna tersembunyi pada akun vlog Arief Muhammad, Chandra Liow, dan Raditya Dika. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa para vlogger menggambarkan gaya hidup hedonis. Dimana gaya hidup hedonis sendiri memiliki pengertian sebagai suatu pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan, seperti lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang mahal yang disenanginya, serta selalu ingin menjadi pusat perhatian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.60/17 Mah r
Uncontrolled Keywords: Representasi, Gaya Hidup, Masyarakat Urban, Semiotik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Esterlitha Maharani, 071311533022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 21:30
Last Modified: 28 Jan 2018 21:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67915
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item