WACANA KOMUNISME DALAM PILPRES TAHUN 2014 DI INDONESIA PADA PORTAL BERITA ONLINE TEMPO.CO DAN REPUBLIKA.CO.ID

Muhammad Bisri Musthafa, 071115047 (2017) WACANA KOMUNISME DALAM PILPRES TAHUN 2014 DI INDONESIA PADA PORTAL BERITA ONLINE TEMPO.CO DAN REPUBLIKA.CO.ID. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 61-17 Mus w Abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 61-17 Mus w Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (296kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah studi yang secara kritis membaca dua portal berita online, yakni Tempo.co dan Republika.co.id, yang mengartikulasikan pewacanaan komunisme selama Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (disingkat Pilpres) Indonesia tahun 2014, melalui pelbagai teks beritanya. Pembacaaan ini bertujuan untuk menguak ‘variabel’ yang menjadi basis dalam mengondisikan praktik pewacaan komunisme yang terjadi. Untuk menganalisis, penelitian ini menggunakan Critical Discourse Analysis (CDA) model Norman Fairclough. Untuk menemukan bagaimana wacana komunisme diartikulasikan oleh kedua portal berita online yang dikaji, peneliti mengaitkan beberapa konsep yang saling berkaitan. Beberapa konsep tersebut antara lain adalah konstruksi realitas media massa, konsep stigma, konsep hegemoni, konsep wacana politik, teori ekonomi-politik media dan konsep produksi media online. Penelitian ini berpegang pada paradigma kritis. Penelitian ini menunjukkan bahwa wacana komunisme yang diartikulasikan oleh Tempo.co dan Republika Online berkaitan dengan dua bidang, politik dan ekonomi. Konstruksi terhadap komunisme yang terbentuk merupakan konsekuensi dari posisi politik yang diambil oleh masing-masing portal berita, dalam pewacanaan komunisme di Indonesia. Konsistensi kedua media yang dikaji dalam merekatkan pewacanaan komunisme dengan dinamika pertarungan politik telah menutup topik alternatif dalam pewacanaan komunisme, yang tumbuh selama era reformasi, untuk muncul kepermukaan. Pada akhirnya, pewacanaan komunisme yang terjadi ini dijadikan bahan baku untuk membentuk komoditas bagi portal berita online, yakni pembaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.61/17 Mus w
Uncontrolled Keywords: Wacana komunisme, pilpres 2014, ekonomi-politik media, portal berita online.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Bisri Musthafa, 071115047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipala, S.I.Kom.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 21:31
Last Modified: 28 Jan 2018 21:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item