PENGGAMBARAN TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN LOWONGAN PEKERJAAN

SABRINA LAUDHITA SORAYA, 071311533080 (2017) PENGGAMBARAN TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN LOWONGAN PEKERJAAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 62-17 Sor p Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 62-17 Sor p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (893kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengeksplor penggambaran tubuh perempuan melalui iklan lowongan pekerjaan. Tubuh perempuan memiliki kecenderungan untuk diberikan aturan-aturan simbolis untuk memasuki ruang atau lingkungan tertentu, termasuk lingkungan pekerjaan. Penelitian ini membongkar teks iklan lowongan pekerjaan serta hal-hal yang melatarbelakangi penggambaran tubuh perempuan dalam lingkungan kerja terlepas dari iklan lowongan pekerjaan itu sendiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana tubuh perempuan digambarkan lewat iklan lowongan pekerjaan. Melalui penelitian ini, peneliti mengeksplor lebih dalam mengenai penggambaran tubuh perempuan dalam iklan lowongan pekerjaan dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes yang membagi tingkatan signifikansi yaitu tahap denotatif dan konotatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penggambaran tubuh perempuan dalam lingkungan kerja melalui iklan lowongan pekerjaan didapati dari pendisiplinan berupa persyaratan tertulis mengenai tubuh serta visualisasi tubuh yang tertera di dalamnya, bahwa hanya perempuan yang memiliki tubuh menarik yang dapat memasuki lapangan kerja. Ditunjukkan pula bahwa penggambaran muncul bersama dengan pemaknaan mengenai mitos bahwa tubuh perempuan yang dianggap menarik adalah hasil penggambaran dari iklan-iklan mengenai bentuk tubuh. Penggambaran tubuh perempuan dalam lingkungan kerja berkaitan secara historis pula terhadap peran perempuan dalam konteks pekerjaan yang mulanya hanya berada dalam ranah domestik sebelum akhirnya masuk ke ranah publik sehingga muncul mitos kuasa dalam dominansi budaya patriarki terhadap tubuh perempuan, serta tubuh perempuan sebagai konsumsi visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.62/17 Sor p
Uncontrolled Keywords: Penggambaran, mitos, tubuh perempuan, iklan lowongan pekerjaan, kekuasaan.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ802.5 Matrimonial advertisements
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SABRINA LAUDHITA SORAYA, 071311533080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSanti Isnaini, Dr. , S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 21:32
Last Modified: 28 Jan 2018 21:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67919
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item