EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ENDORSEMENT OLEH ONLINE SHOP GIYOMI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

DELAVIRA RAHMALIA KANSHA, 071311533012 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ENDORSEMENT OLEH ONLINE SHOP GIYOMI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 66-17 Kan e Abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (( FULL ARTICLE))
Sec.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 66-17 Kan e Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada efektivititas penggunaan Endorsement oleh online shop Giyomi di media sosial Instagram. Endorsement merupakan salah satu bentuk interactive/ internet marketing yang dapat digunakan di media sosial Instagram. Efektivitas Endorsement dalam penelitian ini dilihat dari enam tujuan komunikasi oleh Belch, yaitu menciptakan kesadaran, menghasilkan ketertarikan, penyebaran informasi, membangun citra, menciptakan merek yang kuat dan merangsang untuk mencoba produk atau jasa. Alasan memilih Giyomi pada penelitian ini dikarenakan Giyomi merupakan salah satu online shop yang berada pada skala Usaha Kecil Menengah (UKM) dan rutin dalam melakukan kegiatan Endorsement di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran efektivitas penggunaan Endorsement oleh online shop Giyomi di media sosial Instagram. Pengukuran akan efektivitas penggunaan Endorsement penting untuk diteliti karena dapat membuktikan bahwa penggunaaan Endorsement merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang efektif atau tidak, khususnya bagi online shop yang ingin memasarkan produknya melalui media sosial Instagram, mengingat biaya yang diperlukan untuk melakukan Endorsement cukup besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. 100 responden merupakan followers Giyomi dan paham akan kegiatan Endorsement yang dilakukan Giyomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa bentuk komunikasi pemasaran Endorsement adalah efektif dilihat dari enam tujuan komunikasi Belch, sehingga dapat dipertimbangkan oleh pemilik online shop, khususnya online shop yang ada pada skala UKM ketika ingin memasarkan produknya di media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.66/17 Kan e
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Komunikasi Pemasaran, Interactive/ Internet Marketing Communication, Endorsement, Instagram
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DELAVIRA RAHMALIA KANSHA, 071311533012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr. , S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 22:23
Last Modified: 28 Jan 2018 22:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67927
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item