PERSEPSI PEMBACA MUDA JAWA POS TENTANG RUBRIK ZETIZEN

VITA KARTIKA CAHYARANI, 071311533021 (2017) PERSEPSI PEMBACA MUDA JAWA POS TENTANG RUBRIK ZETIZEN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 68-17 Cah p Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 68-17 Cah p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (557kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai persepsi pembaca muda Jawa Pos tentang kualitas rubrik Zetizen. Sejak resmi rebranding dari rubrik Deteksi, terdapat perubahan-perubahan yang signifikan dalam rubrik anak muda ini. Perubahan-perubahan ini bukan hanya dari segi merek maupun logo, melainkan juga dari segi berita, tampilan rubrik, penyelenggaraan special events, hingga aktivasi Zetizen online. Sehingga menjadi menarik untuk mendeskripsikan persepsi pembaca muda Jawa Pos sebagai konsumen media mengenai kualitas rubrik Zetizen ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori komunikasi media massa serta teori perihal persepsi konsumen, teori dimensi kualitas produk oleh David Garvin, dan teori konvergensi media. Penelitian ini berpijak pada paradigma interpretif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa persepsi pembaca muda Jawa Pos tentang kualitas rubrik Zetizen dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal, sehingga persepsi dari tiap-tiap individu tentang kualitas rubrik Zetizen pun menjadi unik dan berbeda. Lebih lanjut, keberagaman persepsi ini tak hanya ditemui dari satu individu dengan individu lainnya saja, tetapi individu yang sama bisa memberi persepsi yang berbeda tentang topik yang berbeda pula. Persepsi informan tersebut didasarkan pada tiga topik yang dibahas, yakni pemenuhan fungsi media oleh Zetizen, special events yang diadakan oleh Zetizen, serta Zetizen online dalam kaitannya dengan generasi Z dan konvergensi media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.68/17 Cah p
Uncontrolled Keywords: Persepsi konsumen, generasi Z, konvergensi media, surat kabar, rubrik anak muda
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
VITA KARTIKA CAHYARANI, 071311533021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr. , S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 22:25
Last Modified: 28 Jan 2018 22:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item