IDENTITAS WANITA MUSLIMAH URBAN PADA PRODUK BRAND FASHION RIA MIRANDA

ANNISA FESTINA, 071311533102 (2017) IDENTITAS WANITA MUSLIMAH URBAN PADA PRODUK BRAND FASHION RIA MIRANDA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 72-17 Fes i Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 72-17 Fes i Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text ((FULL ARTICLE))
Sec.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai identitas wanita muslmah urban yang direpresentasikan oleh produk brand fashion Ria Miranda. Objek penelitian ini adalah produk Ria Miranda; Minang Heritage Collection, Paragrina dan SansTitre. Ketiga nya merupakan koleksi terbaru dari Ria Miranda di tahun 2017 ini dan mempunyai makna cerita yang dalam atas proses pencarian ide dan produksinya untuk menggambarkan identitas wanita muslimah urban. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplor penggambaran identitas wanita muslimah yang direpresentasikan dalam motif, warna, dan cuttingan yang dipergunakan RiaMiranda dalam koleksi-koleksi nya. Identitas seseorang dapat dilihat dari bagaimana ia berbusana dan berpenampilan. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka Identitas Wanita Muslimah pada Produk Fashion Brand Ria Miranda, Industri kreatif fashion busana muslimah sebagai produk budaya, Fashion sebagai Produk Komodifikasi Agama, dan Fenomena Selebgram atas masyarakat Urban, Media Sosial atas Pergeseran Konsep Wanita Muslimah, serta Globalisasi Fashion Mode di Indonesia. Dengan Menggunakan metode visual dengan site of production sebagai fokusnya, Menggunakan teknik pengumpulan data indepth interview dan observasi. Pemaknaan dan penggalian identitas atas produk RiaMiranda dilakukan dalam tahap memaknai secara denotasi dan konotasi sehingga menghasilkan pemaknaan atau mitos yang dibangun RiaMiranda atas identitas dalam produknya. Menggunakan indepth interview dengan produsen untuk mengumpulkan data-data untuk memperkaya analisis yang akan digunakan. Hasil dalam penelitian ini yakni menunjukkan bahwa produk Ria Miranda merepresentasikan gambaran identitas wanita muslimah urban. Identitas yang dikonstruksi dalam produk-produk koleksi Ria Miranda pada pemilihan motif, warna, serta cuttingan nya merupakan karakteristik dari identitas wanita muslimah urban. Identitas dalam setiap ciri produknya tersebut merupakan cara representatif untuk menunjukkan personaliti seseorang melalui busana yang ia kenakan. Identitas seorang wanita muslimah yang anggun, sopan-santun, memiliki mobilitas tinggi namun tetap sebagai ibu dan istri yang melakukan kewajiban-kewajiban dan tuntutan syariah agama. Selain itu, dalam produknya Ria memasukan unsur globalisasi industri fashion yang mengandung visi slogan from local to global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.72/17 Fes i
Uncontrolled Keywords: Proses Produksi Visual, Identitas, Fashion, Islam, Urban
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ANNISA FESTINA, 071311533102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.MedKomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 22:40
Last Modified: 28 Jan 2018 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item