Faktor Constraints dan Incentives dalam Kebijakan India Meratifikasi Additional Protocol IAEA

Garnis Yoga Pratama Nugraha Prawihatsari, 071311233027 (2017) Faktor Constraints dan Incentives dalam Kebijakan India Meratifikasi Additional Protocol IAEA. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 6 (3). pp. 60-71. ISSN 2302-8777

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.HI.60.17 . Pra.f - JURNAL.pdf

Download (699kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/JAHI@faktor-constraints...

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya fakta bahwa India merupakan negara yang mengembangkan nuklir sejak awal kemerdekaannya. Pengembangan nuklir ini difungsikan sebagai upaya pemenuhan kepentingan nasional India utamanya dibidang keamanan nasional dan juga prestise. Dalam perkembangan nuklirnya, India acapkali menolak adanya campur tangan dari pihak lain terhadap perkembangan nuklirnya. Hal ini dibuktikan dengan ketidak-sediaan India untuk meratifikasi Non-Proliferation Treaty (NPT). Namun, pada tahun 2009 India menjadi satu-satunya negara yang menolak untuk meratifikasi NPT namun bersedia untuk meratifikasi Additional Protocol dengan IAEA. Penelitian ini kemudian menulusuri salah satu faktor yang melatar belakangi kejadian tersebut melalui pendekatan sistemik. Penulis memiliki argumen penelitian bahwa diratifikasinya Additional Protocol IAEA oleh India meskipun ia bukan merupakan negara anggota NPT dikarenakan adanya faktor constraints dan incentives yang bermuara pada pemenuhan kepentingan nasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: India, nuklir, Non-Proliferation Treaty (NPT), Additional Protocol, IAEA, faktor constraints, dan faktor incentives.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
Garnis Yoga Pratama Nugraha Prawihatsari, 071311233027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWahyudi Purnomo, Drs., M.PhilUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 11 Jan 2018 19:21
Last Modified: 11 Jan 2018 19:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item