BUDAYA ORGANISASI ASHRAM LEMBAH BHAYAM (Studi Budaya Organisasi melalui Communication Performances)

I Dewa Gede Ari Sutrisna, 071311533089 (2017) BUDAYA ORGANISASI ASHRAM LEMBAH BHAYAM (Studi Budaya Organisasi melalui Communication Performances). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 77-17 Sut b Abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 77-17 Sut b Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (253kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah budaya organisasi Ashram Lembah Bhayam yang dibentuk dan dipertunjukkan melalui nteraksi anggota organisasi. Penelitian ini diawali dari ketertarikan peneliti atas fenomena munculnya sentimen negatif dan ketidaksetjuan masyarakat Bali atas kehadiran Ashram Lembah Bhayam, yang ditunjukkan pada forum di media sosial Facebook. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk mengeksplorasi proses kompleks dalam interaksi anggota organisasi yang kemudian membentuk budaya organisasi. Maka, penelitian ini ingin mengungkap bagaiamana budaya organisasi Ashram Lembah Bhayam berproses melalui interaksi anggotanya. Siginifikansi penelitian ini adalah untuk menghasilkan pemahaman kerangka konstruksi dan implementasi budaya organisasi Ashram Lembah Bhayam melalui interaksi anggota organisasi. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini antara lain perspektif symbolist terhadap budaya organisasi, teori-teori sosiokultural pada budaya organisasi, Pacanowsky & Trujillo : organizational communication performances, model budaya organisasi oleh Miller, serta etnografi sebagai metode studi budaya organisasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif. Metode penelitian ini adalah etnografi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan dan interview untuk data primer, serta archival analysis untuk mendapatkan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi Ashram Lembah Bhayam terbentuk dari interaksi anggota organisasi. Anggota organisasi memiliki kontribusi dalam mengkonstruksi dan mengimplementasikan budaya organisasi melalui organizational communication performances. Meski anggota memiliki peran dalam membentuk budaya organisasi, penelitian ini menemukan bahwa semua pertunjukkan organizational communication performances yang ditampilkan oleh anggota organisasi adalah bentuk resonansi peran Maha Guru Sri Jaya Nara sebagai center of attention dari organisasi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.77/17 Sut b
Uncontrolled Keywords: Budaya organisasi, communication performances, pendekatan sosiokultural, etnografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
I Dewa Gede Ari Sutrisna, 071311533089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 22:46
Last Modified: 28 Jan 2018 22:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67947
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item