RELASI KEPALA DESA DAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM IMPLEMENTASI DANA DESA KABUPATEN MALANG (Studi pada Desa Sitiarjo, Desa Ngadas, dan Desa Toyomarto Kabupaten Malang)

Dwi Shintya Febrianingrum, 071211331011 (2017) RELASI KEPALA DESA DAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM IMPLEMENTASI DANA DESA KABUPATEN MALANG (Studi pada Desa Sitiarjo, Desa Ngadas, dan Desa Toyomarto Kabupaten Malang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 02-17 Feb r Abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 02-17 Feb r Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk melihat bagaimana relasi yang muncul ketika dihadapkan dengan adanya dana desa yang tentunya masing-masing desa tersebut memiliki karakteristik yang berbeda yakni Desa Sitiarjo, Desa Ngadas, dan Desa Toyomarto. Penelitian ini menggunakan teori kebijakan publik dan teori kelembagaan untuk melihat relasi kelembagaan pada desa – desa tersebut. Peneliti menggunakan metode Penelitian Deskriptif Kualitatif untuk menjelaskan dan mendeskripsikan kondisi yang sedang terjadi dilapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwasanya relasi antara kepala desa sebagai lembaga eksekutif dan Badan Permusyawaratan Desa sebagai lembaga legislatif di ketiga desa tersebut berbeda – beda, diantaranya Desa Sitiarjo berpola konfliktual, Desa Ngadas berpola Dominatif, dan Desa Toyomarto berpola kemitraan. Kemudian selanjutnya peneliti melihat bagaimana dukungan masyarakat terhadap Kepala Desa dan BPD, dimana pada Desa Sitiarjo dukungan masyarakat cenderung acuh terhadap pemerintahan Desa, kemudian Desa Ngadas yang masyarakatnya memiliki dukungan penuh terhadap Kepala Desa dan BPD dengan cara mematuhi apa yang menjadi keputusan pemerintah desa, dan pada Desa Toyomarto masyarakatnya memiliki dukungan yang baik dengan keterlibatan mereka secara aktif dalam musyawarah desa. Dana Desa banyak memberikan manfaat bagi desa, di Desa Sitiarjo, dana desa digunakan untuk pengembangan daerah wisata, kemudian Desa Ngadas Dana Desa digunakan untuk pembangunan sarana prasarana, dan ketiga yaitu Desa Toyomarto Dana Desa digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.02/17 Feb r
Uncontrolled Keywords: Pola relasi, kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa, dana desa.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dwi Shintya Febrianingrum, 071211331011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWisnu Pramutanto P, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 16:52
Last Modified: 29 Jan 2018 16:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67971
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item